Pelaksanaan Program Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia Kompleks Villa Gading Mansion II Kecamatan Pontianak Tenggara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author Pitriana, Pitriana
dc.date.accessioned 2025-06-23T09:19:30Z
dc.date.available 2025-06-23T09:19:30Z
dc.date.issued 2023-11-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6591
dc.description.abstract PITRIANA, Pelaksanaan Program Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia Kompleks Villa Gading Mansion II Kecamatan Pontianak Tenggara. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan program pembelajaran al-Qur’an di Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia Kompleks Villa Gading Mansion II Kecamatan Pontianak Tenggara. 2) Faktor pendukung pelaksanaan program pembelajaran al-Qur’an di Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia Kompleks Villa Gading Mansion II Kecamatan Pontianak Tenggara. 3) Faktor penghambat pelaksanaan program pembelajaran al-Qur’an di Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia Kompleks Villa Gading Mansion II Kecamatan Pontianak Tenggara. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru, siswa dan wali siswa di Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan alat pengumpulan datanya berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan alat rekam (handphone). Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan program pembelajaran tahsin al-Qur’an yaitu: Terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi siang dan sesi sore. Proses pembelajaran dilaksanakan empat hari dari seminggu yaitu pada hari senin, selasa, rabu dan jum’at. Pada pelaksanaan pembelajaran, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tingkatan bacaan siswa masing-masing. Adapun metode yang diimplementasikan yakni metode iqro’. Dengan teknik drilling. Materi pembelajaran meliputi membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, menulis, hafalan surah pendek, hafalan doa sehari-hari dan praktek sholat. 2) Faktor pendukung pelaksanaan program pembelajaran tahsin al-Qur’an yaitu adanya kurikulum dan fasilitas yang memadai, adanya motivasi dari orang tua siswa untuk memperhatikan kemajuan siswa dalam mempelajari al-Qur’an, adanya sifat keteladanan yang dicerminkan oleh seorang pengajar atau guru dalam proses pembelajaran 3) Faktor penghambat pelaksanaan program pembelajaran tahsin al-Qur’an yaitu Kurangnya perhatian orang tua dengan pendidikan al-Qur’an pada anaknya, kurangnya kesadaran siswa untuk belajar membaca al-Qur’an dan kurangnya ruang kelas untuk belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Program Pembelajaran en_US
dc.subject Tahsin Al-Qur’an en_US
dc.subject Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia en_US
dc.title Pelaksanaan Program Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an di Balai Tahfizh Al-Qur’an Indonesia Kompleks Villa Gading Mansion II Kecamatan Pontianak Tenggara en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account