dc.description.abstract |
Agustina Putri Wulandari. 12101011 “Gagasan HAR Tilaar
tentang Pendidikan Multikultural: Relevasinya Bagi Kelembagaan
Pendidikan Islam”. Skripsi. Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam
Negeri Pontinak, 2025.
Tujuan penelitian terhadap gagasan HAR Tilaar dalam penelitian ini
adalah mengkaji: 1) konstruksi gagasan Tilaar tentang pendidikan
multikultural; 2) bentuk dan unsur pendidikan multikultural menurut Tilaar;
3) relevansi gagasan tersebut dengan kelembagaan pendidikan Islam seperti
pesantren dan madrasah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan
metode library research (studi kepustakaan). Data diperoleh dari berbagai
sumber tertulis seperti buku, artikel ilmiah, dan literatur relevan yang
membahas gagasan HAR Tilaar serta praktik pendidikan multikultural dalam
konteks kelembagaan pendidikan Islam, khususnya pesantren dan madrasah.
Kemudian data-data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik
sistematik deskriptif untuk mengungkap keterkaitan antara gagasan HAR
Tilaar dengan kelembagaan pendidikan Islam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konstruksi gagasan HAR
Tilaar dibangun oleh kesadaran terhadap kemajemukan masyarakat
Indonesia, dampak globalisasi, krisis identitas budaya, dan dipengaruhi oleh
pemikiran tokoh-tokoh serta pengalaman sosial dan konteks pasca Orde Baru;
2) bentuk dan unsur pendidikan multikultural yang ditawarkan Tilaar meliputi
nilai-nilai utama seperti penghormatan terhadap martabat manusia, toleransi,
dan keadilan sosial; 3) gagasan tersebut memiliki relevansi kuat dengan
sistem pendidikan pesantren dan madrasah, yang dalam praktiknya telah
menerapkan pendekatan inklusif melalui pendidikan lintas budaya dan
pembentukan karakter berdasarkan nilai Islam universal. Gagasan Tilaar
memperkuat peran lembaga-lembaga ini dalam membentuk peserta didik
yang religius, toleran, dan adaptif terhadap dinamika masyarakat majemuk
dan tantangan global. |
en_US |