dc.description.abstract |
LUTHFIA SARFINA AMALIA, 12001272. Relasi Fungsional Guru Akidah Akhlak dan Bimbingan Konseling Siswa di MTS Al Mustaqim Kubu Raya dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) 2024.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui yaitu: 1) Mendeskripsikan Bagaimana Gambaran Karakter Tanggung Jawab Siswa di MTS Al Mustaqim Kubu Raya. 2) Mendeskripsikan bagaimana bentuk koordinasi yang dilakukan Guru Akidah Akhlak dan Bimbingan Konseling dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab di MTS Al Mustaqim Kubu Raya. 3) mendeskripsikan Kendala dan Upaya Guru Akidah Akhlak dan konseling dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab MTS Al Mustaqim Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, instrument wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: pengaumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan tringulasi data dan member check, hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1) Gambaran Karakter Tanggung Jawab Siswa mengerjakan tugas siswa menyelesaikan tepat waktu; Siswa menggunakan waktu dengan baik; Siswa sungguh-sungguh pada saat mengerjakan tugas; Siswa fokus bertanya ketika tidak tau dan pada saat diberikan tugas siswa lebih konsentrasi dalam mengerjakan tugasnya. 2) Bentuk Koordinasi Guru Akidah dan Bimbingan Konseling yaitu: Guru Akidah Akhla seperti dalam permasalahan dan menerima curhatan maupun koordinasi dari guru Mapel semuanya guru Akidah Akhlak memberikan nasehat teguran dan motivasi dengan mengaitkan nilai-nilai agama Islam dan juga menekankan kepada peserta didik untuk menanamkan akhlak yang baik. Memberikan nasehat, teguran dan motivasi dengan mengaitkan dengan nilai-nilai agama dan menekankan peserta didik untuk menerapkan akhlak karimah. Guru BK memberikan layanan bimbingan dan Konseling, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi peserta didik. 3) Kendala dan Upaya Guru Akidah Akhlak dan Bimbingan Konseling dalam membangun karakter tanggung jawab. |
en_US |