RELASI FUNGSIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DAN BIMBINGAN KONSELING SISWA DI MTS AL MUSTAQIM KUBU RAYA DALAM MEMBANGUN KARAKTER TANGGUNG JAWAB

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Handayani Lubis, Putri
dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Syahmadi, Syamhadi
dc.contributor.author Sarfina Amalia, Luthfia
dc.date.accessioned 2025-06-19T01:28:45Z
dc.date.available 2025-06-19T01:28:45Z
dc.date.issued 2025-01-23
dc.identifier.citation APPA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6553
dc.description.abstract LUTHFIA SARFINA AMALIA, 12001272. Relasi Fungsional Guru Akidah Akhlak dan Bimbingan Konseling Siswa di MTS Al Mustaqim Kubu Raya dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) 2024. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui yaitu: 1) Mendeskripsikan Bagaimana Gambaran Karakter Tanggung Jawab Siswa di MTS Al Mustaqim Kubu Raya. 2) Mendeskripsikan bagaimana bentuk koordinasi yang dilakukan Guru Akidah Akhlak dan Bimbingan Konseling dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab di MTS Al Mustaqim Kubu Raya. 3) mendeskripsikan Kendala dan Upaya Guru Akidah Akhlak dan konseling dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab MTS Al Mustaqim Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, instrument wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: pengaumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan tringulasi data dan member check, hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: 1) Gambaran Karakter Tanggung Jawab Siswa mengerjakan tugas siswa menyelesaikan tepat waktu; Siswa menggunakan waktu dengan baik; Siswa sungguh-sungguh pada saat mengerjakan tugas; Siswa fokus bertanya ketika tidak tau dan pada saat diberikan tugas siswa lebih konsentrasi dalam mengerjakan tugasnya. 2) Bentuk Koordinasi Guru Akidah dan Bimbingan Konseling yaitu: Guru Akidah Akhla seperti dalam permasalahan dan menerima curhatan maupun koordinasi dari guru Mapel semuanya guru Akidah Akhlak memberikan nasehat teguran dan motivasi dengan mengaitkan nilai-nilai agama Islam dan juga menekankan kepada peserta didik untuk menanamkan akhlak yang baik. Memberikan nasehat, teguran dan motivasi dengan mengaitkan dengan nilai-nilai agama dan menekankan peserta didik untuk menerapkan akhlak karimah. Guru BK memberikan layanan bimbingan dan Konseling, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi peserta didik. 3) Kendala dan Upaya Guru Akidah Akhlak dan Bimbingan Konseling dalam membangun karakter tanggung jawab. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Relasi en_US
dc.subject Tanggung Jawab en_US
dc.title RELASI FUNGSIONAL GURU AKIDAH AKHLAK DAN BIMBINGAN KONSELING SISWA DI MTS AL MUSTAQIM KUBU RAYA DALAM MEMBANGUN KARAKTER TANGGUNG JAWAB en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account