PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MA AS-SALAM PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.author Bastiah, Bastiah
dc.date.accessioned 2025-06-17T03:07:23Z
dc.date.available 2025-06-17T03:07:23Z
dc.date.issued 2025-04-28
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6546
dc.description.abstract BASTIAH. (11901121). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik pada Kelas X di MA-As-Salam Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap yang menunjukkan karakter religius peserta didik seperti kurangnya kedisiplinan dalam menjalankan sholat berjamaah dan juga menaati aturan tata tertib di sekolah. Dalam hal ini guru harus berperan dalam membentuk karakter religius peserta didik di sekolah agar sesuai dengan yang diharapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas X di MA As-Salam Pontianak. 2) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas X di MA As-Salam Pontianak. 3) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas X di MA As-Salam Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil bahwa: 1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter religius dengan memberikan punishmant dan rewards kepada peserta didik. 2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam membentuk karakter religius yaitu sebagai teladan dan memberikan pembiasaan di sekolah. 3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai fasilitator dalam membentuk karakter religius yaitu dengan membimbing dan memfasilitasi siswa dalam praktik ibadah di sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran Guru Akidah Akhlak en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI MA AS-SALAM PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account