dc.description.abstract |
BASTIAH. (11901121). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik pada Kelas X di MA-As-Salam Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap yang menunjukkan karakter religius peserta didik seperti kurangnya kedisiplinan dalam menjalankan sholat berjamaah dan juga menaati aturan tata tertib di sekolah. Dalam hal ini guru harus berperan dalam membentuk karakter religius peserta didik di sekolah agar sesuai dengan yang diharapkan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas X di MA As-Salam Pontianak. 2) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas X di MA As-Salam Pontianak.
3) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas X di MA As-Salam Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan hasil bahwa:
1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter religius dengan memberikan punishmant dan rewards kepada peserta didik. 2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai pendidik dalam membentuk karakter religius yaitu sebagai teladan dan memberikan pembiasaan di sekolah. 3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai fasilitator dalam membentuk karakter religius yaitu dengan membimbing dan memfasilitasi siswa dalam praktik ibadah di sekolah. |
en_US |