PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, GAYA HIDUP, RELIGIUSITAS, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH PADA MASYARAKAT KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Rahmi, Ain
dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Ruci, Dewa
dc.contributor.author Bakar, Syarif Abu
dc.date.accessioned 2025-06-11T01:46:45Z
dc.date.available 2025-06-11T01:46:45Z
dc.date.issued 2025-05-23
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6517
dc.description.abstract SYARIF ABU BAKAR (12107001), Pengaruh Lingkungan Sosial, Gaya Hidup, Religiusitas, dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menggunakan Produk Perbankan Syariah Pada Masyarakat Kota Pontianak. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas ekonomi dan bisnis islam, Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Lingkungan Sosial, Gaya Hidup, Religiusitas, dan Literasi Keuangan dapat mempengaruhi minat menggunakan produk perbankan syariah pada masyarakat Kota Pontianak. Penelitian ini pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden yang diambil dengan menyebarkan kuesioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji outer model dan inner model yang terdapat pada alat analisis data yaitu SmartPLS 4.0. Berdasarkan dengan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa variabel Lingkungan Sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan produk perbankan syariah pada masyarakat Kota Pontianak dengan nilai P values sebesar 0,055 > 0,5. Sedangkan variabel Gaya Hidup berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan produk perbankan syariah pada masyarakat Kota Pontianak dengan nilai P values sebesar 0,033 < dari 0,5. Untuk variabel Religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan produk perbankan syariah pada masyarakat Kota Pontianak dengan nilai P values sebesar 0,169 > dari 0,5. Dan variabel Literasi Keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan produk perbankan syariah pada masyarakat Kota Pontianak dengan nilai P values sebesar 0,006 < dari 0,5. Penulis merekomendasikan kepada pihak perbankan syariah untuk meningkatkan edukasi kepada masyarakat mengenai produk-produk perbankan syariah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Lingkungan Sosial en_US
dc.subject Gaya Hidup en_US
dc.subject Religiusitas en_US
dc.subject Literasi Keuangan en_US
dc.subject Minat en_US
dc.title PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, GAYA HIDUP, RELIGIUSITAS, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH PADA MASYARAKAT KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account