PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT DI KOTA PONTIANAK MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurcholifah, Ita
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Rahmi, Ain
dc.contributor.author Lestari, Nawang
dc.date.accessioned 2025-06-11T01:38:36Z
dc.date.available 2025-06-11T01:38:36Z
dc.date.issued 2025-05-26
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6514
dc.description.abstract Nawang Lestari 12107104, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Masyarakat di Kota Pontianak Menggunakan Produk Perbankan Syariah”, Skripsi mahasiswa program studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan Pada observasi di awal, peneliti menemukan masih banyaknya masyarakat muslim di kota Pontianak yang lebih memilih untuk menggunakan bank Konvensional daripada bank Syariah. Kurangnya minat Masyarakat muslim di kota Pontianak untuk menggunakan bank Syariah di sebabkan banyak faktor diantaranya Kualitas Layanan dan juga Literasi keuangan Syariah sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap pengambilan keputusan masyarakat di Kota Pontianak menggunakan produk perbankan syariah, Mengetahui tingkat literasi keuangan syariah terhadap pengambilan keputusan masyarakat di Kota Pontianak menggunakan produk perbankan syariah, dan mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan dan Tingkat Literasi Keuangan Syariah secara simultan terhadap pengambilan keputusan masyarakat di Kota Pontianak menggunakan produk perbankan syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat kecamatan Pontianak Kota. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda menggunakan pengolah data SPSS 26. Hasil pengolahan data pada uji validitas dan reliabilitas menghasilkan instrumen data yang valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik, data berdistribusi normal, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas, dan tidak terjadi multikolinieritas pada setiap variabel. Pada analisis regresi linear berganda menunjukkan arah pengaruh variabel X1 dan X2, terhadap Y adalah positif. Pada uji hipotesis, uji t menghasilkan kesimpulan pada variabel X1, H01 ditolak dan Ha1 diterima dan pada variabel X2, H02 ditolak dan Ha2 diterima. Uji F variabel X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap variabel Y. uji koefisien determinasi (R2) menghasilkan nilai R square adalah 0,458. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel kualitas pelayanan dan tingkat literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan masyarakat Kota Pontianak dalam menggunakan produk perbankan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan juga bahwa variabel kualitas pelayanan dan tingkat literasi keuangan syariah berpengaruh secara simultan dalam menentukan keputusan menjadi nasabah bank syariah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kualitas layanan en_US
dc.subject Literasi Keuangan Syariah en_US
dc.subject Pengambilan Keputusan. en_US
dc.title PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT DI KOTA PONTIANAK MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account