TANTANGAN GURU PAI DI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI KASUS DI SMPN 2 PONTIANAK)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Pratama, Zairy
dc.date.accessioned 2025-06-10T01:23:10Z
dc.date.available 2025-06-10T01:23:10Z
dc.date.issued 2025-05-14
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6504
dc.description.abstract ZAIRY PRATAMA (12001275), Tantangan Guru PAI Di Era Society 5.0 (Studi Kasus Di SMPN 2 Pontianak). Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini di latar-belakangi perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sistem pendidikan yang disebabkan oleh era society 5.0. Dalam konteks pendidikan Agama Islam (PAI), guru PAI dihadapkan pada tantangan baru dalam menghadapi perubahan ini. Mengharuskan guru PAI harus mampu mengadaptasi diri dengan perubahan teknologi dan metode pembelajaran yang baru, serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai Agama Islam dengan teknologi yang ada. Skripsi ini bertujuan: Satu, untuk mengetahui bagaimana krisis pendidikan era society 5.0 di SMPN 2 Pontianak. Dua, ntuk mengetahui bagaimana adaptasi guru PAI SMPN 2 Pontianak di era society 5.0. Tiga, untuk mengetahui bagaimana penyesuaian pendidikan era society 5.0 di SMPN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus lapangan. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Menengah Pertamana Negeri 2 Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu guru-guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Pontianak. Sementara teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi tidak langsung, wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi, member check, dan perpanjangan waktu penelitian. Setelah dilakukan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: pertama tantangan guru PAI SMPN 2 Pontianak di era society 5.0 adalah: satu; krisis pendidikan di tandai dengan karakteristik pembelajaran berbasis teknologi, karakteristik siswa yang turut berubah menjadi menyukai pendidikan berbasis teknologi, dan pembudayaan eksistensi dari society 5.0 di lingkungan sekolah. Dua; adaptasi guru PAI SMPN 2 Pontianak di era society 5.0 di tandai dengan pengetahuan guru akan konsep society 5.0 dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran. Tiga; Penyesuaian pendidikan era society 5.0 di SMPN 2 Pontianak ditandai dengan relevansi visi-misi sekolah, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, integrasi sekolah dengan guru siswa dan juga masyarakat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Tantangan en_US
dc.subject Guru Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Era Society 5.0 en_US
dc.title TANTANGAN GURU PAI DI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI KASUS DI SMPN 2 PONTIANAK) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account