dc.description.abstract |
ZAIRY PRATAMA (12001275), Tantangan Guru PAI Di Era Society 5.0 (Studi Kasus Di SMPN 2 Pontianak). Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini di latar-belakangi perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sistem pendidikan yang disebabkan oleh era society 5.0. Dalam konteks pendidikan Agama Islam (PAI), guru PAI dihadapkan pada tantangan baru dalam menghadapi perubahan ini. Mengharuskan guru PAI harus mampu mengadaptasi diri dengan perubahan teknologi dan metode pembelajaran yang baru, serta mampu mengintegrasikan nilai-nilai Agama Islam dengan teknologi yang ada.
Skripsi ini bertujuan: Satu, untuk mengetahui bagaimana krisis pendidikan era society 5.0 di SMPN 2 Pontianak. Dua, ntuk mengetahui bagaimana adaptasi guru PAI SMPN 2 Pontianak di era society 5.0. Tiga, untuk mengetahui bagaimana penyesuaian pendidikan era society 5.0 di SMPN 2 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus lapangan. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Menengah Pertamana Negeri 2 Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu guru-guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Pontianak. Sementara teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi tidak langsung, wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi, member check, dan perpanjangan waktu penelitian.
Setelah dilakukan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: pertama tantangan guru PAI SMPN 2 Pontianak di era society 5.0 adalah: satu; krisis pendidikan di tandai dengan karakteristik pembelajaran berbasis teknologi, karakteristik siswa yang turut berubah menjadi menyukai pendidikan berbasis teknologi, dan pembudayaan eksistensi dari society 5.0 di lingkungan sekolah. Dua; adaptasi guru PAI SMPN 2 Pontianak di era society 5.0 di tandai dengan pengetahuan guru akan konsep society 5.0 dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran. Tiga; Penyesuaian pendidikan era society 5.0 di SMPN 2 Pontianak ditandai dengan relevansi visi-misi sekolah, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, integrasi sekolah dengan guru siswa dan juga masyarakat. |
en_US |