STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MEMBANGUN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author Khairiyah, Wildatul
dc.date.accessioned 2025-06-04T02:30:20Z
dc.date.available 2025-06-04T02:30:20Z
dc.date.issued 2025-05-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6498
dc.description.abstract Wildatul Khairiyah, Strategi Guru Akidah Akhlaq Dalam Membangun Kecerdasan interpersonal Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VIII yang mengalami penurunan dalam kecerdasan interpersonal. Pada saat proses pembelajaran, di setiap kelas masih banyak siswa yang masih malu tampil di kelas, tidak aktif dalam proses pembelajaran, kesulitan dalam bergaul dengan teman sebaya, bekerja sama, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlaq untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Negeri 1 Pontianak, (2) dampak dari strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlaq terhadap sikap interpersonal siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru akidah akhlaq kelas VIII dan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (kondensasi data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan member check. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlaq untuk membangun kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak yakni ada strategi pembelajaran aktif dikelas dan strategi diluar kelas. Strategi pembelajaran aktif dikelas seperti strategi role playing, strategi team games tournament dan strategi storytelling. Sedangkan strategi diluar kelas yakni kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan ekstrakurilur paskibra, pmr dan iqqah (2) Dampak dari strategi yang digunakan oleh guru akidah akhlaq terhadap sikap interpersonal siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak yakni siswa memiliki empati, dapat bekerja sama, saling tolong menolong, saling menghargai dan dapat berinteraksi dengan temannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Guru Akidah Akhlak en_US
dc.subject Kecerdasan Interpersonal en_US
dc.title STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MEMBANGUN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account