dc.description.abstract |
RAUDHATUL JANNAH. NIM 11711197 2022. Pelaksanaan
Pembelajaran Materi Akidah Akhlak Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 13
Sapak Hulu, Subah, Kabupaten Sambas Tahun 2021-2022, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri PONTIANAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pelaksanaan pelajaran PAI sudah
di anggap baik, guru kurang memahmi tahap pembelajaran. Tujuan penelitian ini :
1) untuk mengeahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan kegiatan awal materi akidah
aklak siswa kelas VI di sekolah Negeri 13 Sapak Hulu tahun pelajaran 2021/2022.
2) untuk mengeahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan kegiatan inti materi akidah
aklak siswa kelas VI di sekolah Negeri 13 Sapak Hulu tahun pelajaran 2021/2022
3) untuk mengeahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan kegiatan awal materi akidah
aklak siswa kelas VI di sekolah Negeri 13 Sapak Hulu tahun pelajaran 2021/2022
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif,
penelitian ini dilakukan di SDN 13 Sapak Hulu. Sumber data primer yang
didapatkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara
kepada guru, sumber data sekunder yang didapatkan dalam penelitian ini di peroleh
dari buku dan sumber lain seperti jurnal tentang pelaksanaan pembelajaran . teknik
yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengumpulan data yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis data berupa reduksi data, penajian
data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan kegiatan awal
pembelajaran materi akidah akhlak siswa kelas 4 sebagian besar guru sudah
melaksanakan kegiatan awal, seperti mengkondisikan peserta didik untuk siap
belajar, mengucapkan salam, berdo’a bersama,memberikan Appersepsi/pree test,
menyampaikan tujuan pembelajran dan meberikan motivasi awal 2) pelaksanaan
kegiatan inti pembelajaran materi akidah akhlak siswa kelas 4 telah dilaksanakan
oleh guru, seperti menggunakan metode pembelajaran, mengunakan strategi
pembelajaran dan mengamati, menanya, menalar, mengasosiasi dan
mengkomunikasikan. 3) pelaksanaan kegiatan penutup pembelajaran materi akidah
akhlak siswa kelas 4 sebagian besar guru telah melaksanakan kegiatan penutp,
seperti menyiapkan materi pembelajaran bersama-sama, memberikan umpan balik,
tindak lanjut dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya |
en_US |