dc.description.abstract |
ZAINUL HASAN, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tik-tok Pada Materi PAI Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMA Islam Al-Azhar 10 Pontianak; Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada indikator ketertarikan dan keterlibatan sebesar 39%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran tik-tok terhadap minat belajar peserta didik pada materi PAI. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 44 siswa kelas XI A dan XI B. Instrumen pengumpulan data meliputi kuesioner, lembar observasi, dan dokumentasi, untuk teknik analisis data peneliti menggunakan Mann-Whitney.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor pretest di kelas eksperimen adalah 63.77 dengan persentase 64%, sedangkan di kelas kontrol 63.09 dengan persentase 63%, yang keduanya termasuk dalam kategori baik. Observasi oleh Ibu Mega Putri Aliska, S.Pd., menunjukkan bahwa dari 16 langkah penggunaan media Tik-tok, 13 terlaksana dengan baik, sehingga tingkat penggunaannya mencapai 81% dengan kategori sangat baik. Setelah pembelajaran, rata-rata skor posttest di kelas eksperimen meningkat menjadi 64.68 dengan persentase 65%, sedangkan di kelas kontrol menurun menjadi 61.50 dengan persentase 61%, yang masih dalam kategori baik. Analisis statistik menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan media Tik-tok terhadap minat belajar PAI, dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,040. < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. |
en_US |