Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Siswa Kelas V Di SD Negeri 01 Sungai Raya Tahun 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Anggita, Dara Ayu
dc.date.accessioned 2025-06-03T04:28:07Z
dc.date.available 2025-06-03T04:28:07Z
dc.date.issued 2024-08-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6487
dc.description.abstract DARA AYU ANGGITA, Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Siswa Kelas V Di SD Negeri 01 Sungai Raya Tahun 2023/2024: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2024. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal bacaan shalat pada pelajaran mulok keagamaan. Maka dari itu di lakukanlah penggunaan metode drill dalam meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat siswa kelas V di SD Negeri 01 Sungai Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, perencanaan, langkah-langkah metode Drill, dan Peningkatan hasil belajar dengan penggunaan Metode Drill pada program pembelajaran Mulok Keagamaan dalam meningkatkan keterampilan siswa khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca bacaan shalat di SD Negeri 01 Sungai Raya. Pendekatan Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan peneltian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur yang dilakukan adalah: Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 01 Sungai Raya yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Tes awal 2) Tes Akhir, 3) Observasi, dan 4) Dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Lembar Tes, 2) Lembar Observasi, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode Drill dalam meningkatkan Kemampuan menghafal bacaan Shalat siswa kelas V di SD Negeri 1 Sungai Raya, yaitu :1) Sebelum dilakukan Metode Drill Pada bacaan "Duduk diantara dua sujud" Peserta didik yang sudah hafal bacaan shalat duduk diantara dua sujud terdapat 3 dari 28 peserta didik, 25 peserta didik yang belum hafal. Pada bacaan shalat Tahyatul Awal peserta didik yang sudah hafal 2 peserta didik dari 28 peserta didik dan 26 peserta didik lain tidak hafal. Pada bacaan shalat Tahyatul akhir terdapat 3 dari 28 peserta didik, 25 peserta didik lainnya tidak hafal. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Drill en_US
dc.subject Kemampuan Menghafal en_US
dc.subject Bacaan Sholat en_US
dc.title Penggunaan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Siswa Kelas V Di SD Negeri 01 Sungai Raya Tahun 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account