Implementasi Pengelolaan Kelas Pada Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Islamiyah Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author Rahmawati, Rahmawati
dc.date.accessioned 2025-05-28T07:33:41Z
dc.date.available 2025-05-28T07:33:41Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6468
dc.description.abstract Rahmawati. Implementasi Pengelolaan Kelas Pada Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Islamiyah Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1). Keterampilan mengelola kelas oleh guru pembelajaran akidah akhlak di kelas VII dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar. 2). Keterampilan mengelola kelas oleh guru pembelajaran akidah akhlak di kelas VII dalam pengembangan kondisi belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber datanya Guru Akidah Akhlak di Kelas VII. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah : 1). guru dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar guru sudah melakukan a. sikap tanggap (Memandang secara seksama, Gerak mendekati, Memberi pernyataan, Memberi reaksi terhadap gangguan dan ketakacuhan. b. membagi perhatian (Visual, Verbal). c. pemusatan perhatian kelompok (Memberi tanda, Pertanggungan jawab, Pengarahan dan petunjuk jelas. 2). guru mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII dalam pengembangan kondisi belajar guru sudah melakukan a. modifikasi tingkah laku : ( Mengajarkan perilaku baru dengan contoh dan pembiasaan, Meningkatkan perilaku yang baik melalui penguatan, Mengurangi perilaku buruk dengan hukuman. b. melakukan pendekatan pemecahan masalah kelompok (Memperlancar tugas-tugas mengusahakan terjadinya kerjasama yang baik dalam pelaksanaan tugas, Memelihara kegiatan-kegiatan kelompok: memelihara dan memulihkan semangat anak didik dan menangani konflik yang timbul). c. menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah pada saat proses pembelajaran yang berlangsung dikelas (Campur tangan dengan isyarat, Mengawasi secara ketat, Menjauhkan benda-benda yang dapat mengganggu konsentrasid, Menghilangkan ketegangan dengan humor). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengelolaan Kelas en_US
dc.subject Pembelajaran Akidah Akhlak en_US
dc.title Implementasi Pengelolaan Kelas Pada Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Islamiyah Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account