PERAN FUNGSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDUKUNG MUTU PENDIDIKAN DI SDN 18 PANGKIN KABUPATEN SEKADAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Zurayah, helva
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Noryani, Noryani
dc.date.accessioned 2025-05-28T07:32:23Z
dc.date.available 2025-05-28T07:32:23Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6467
dc.description.abstract Noryani, Peran Fungsional Guru PAI dalam Mendukung Mutu Pendidikan di SD Negeri 18 Pangkin Kabupaten Sekadau. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi pada peran fungsional yang dijalankan oleh guru PAI dalam proses pembelajaran maupun dalam penanaman akhlakul karimah serta karakter pada siswa dalam mendukung mutu pendidikan di sekolah, yang dimana masih ada beberapa siswa melakukan pelanggaran displin pada masa perkembangannya. Pentingnya peran fungsional yang dijalankan oleh guru PAI menjadi salah satu faktor pendukung dalam mendukung mutu pendidikan di sekolah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Peran fungsional guru PAI dalam mendukung mutu pendidikan di SD Negeri 18 Pangkin Kabupaten Sekadau, 2) Langkah-langkah peran fungsional guru PAI dalam mendukung mutu pendidikan di SD Negeri 18 Pangkin Kabupaten Sekadau, 3) Faktor pendukung dan penghambat bagi peran fungsional guru PAI dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di SD Negeri 18 Pangkin Kabupaten Sekadau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun penelitian dilaksanakan di SD Negeri 18 Pangkin Kabupaten Sekadau dengan sumber datanya guru PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis penelitian ini menggunakan analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data (vertifikasi). Hasil penelitian Menunjukkan bahwa: 1) Guru PAI di SD Negeri 18 Pangkin Kabupetan Sekadau sudah menjalankan peran fungsionalnya dengan sangat baik, meliputi 4 (empat) peran fungsional sebagai pengajar dan pembimbing, pendidik karakter, fasilitator dan mediator serta sebagai agen perubahan. 2) langkah-langkah yang ditempuh oleh guru PAI dalam peran fungsionalnya adalah melalui kegiatan pembenahan kurikulum, memperkuat sumber daya tenaga kependidikan, perbaikan berkesinambungan bersama kepala sekolah serta tenaga pendidik dan kependidikan lainnya secara berkala melakukan evaluasi, 3) Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di sekolah, diantaranya: tidak adanya ketersediaan seperti aula, akan tetapi masih ada penunjang lain seperti ruangan kelas dan masjid di dekat lingkungan sekolah, sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah biaya dan lingkungan sosial yang dapat mempengaruhi motivasi serta kemampuan siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Mutu Pendidikan en_US
dc.title PERAN FUNGSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDUKUNG MUTU PENDIDIKAN DI SDN 18 PANGKIN KABUPATEN SEKADAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account