dc.description.abstract |
MUHAMMAD ARIF, NIM: 11915045, Analisis Penerapan Etika Bisnis
Islam pada Pedagang Pasar Kemuning Kota Pontianak: Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Pasar merupakan area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual
lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional,
pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Perilaku
menyimpang sering kali ditemukan di pasar tradisional oleh karena itu, etika
bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan etika bisnis islam pada
pedagang pasar Kemuning Kota Pontianak, berdasarkan prinsip-prinsip etika
bisnis islam.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif
kualitatif. Sumber data penelitian yaitu, 1) Sumber primer, data yang
diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pedagang
pasar Kemuning Kota Pontianak, terdiri dari 4 orang pedagang sayur, 1 orang
pedagang ayam potong, 1 orang pedagang daging, 1 orang pedagang sembako
dan 1 orang pedagang tahu dan tempe; 2) Sumber sekunder, data yang
diperoleh dari pihak Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota
Pontianak. Teknik analisis pengumpulan data menggunakan pedoman
wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu, teknik analisis untuk
verifikasi data dan menarik kesimpulan dari penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan
etika bisnis islam pada pedagang pasar kemuning Kota Pontianak belum
sepenuhnya diterapkan, terutama dari segi prinsip tauhid, kehendak bebas dan
prinsip tanggung jawab, dimana pedagang masih sering melalaikan ibadah,
kemudian ada beberapa pedagang yang masih memberikan harga lebih
rendah dibandingkan dengan harga yang diberikan oleih teman-teman
pedagang yang lain dan belum sepenuhnya melakukan pencatatan keuangan. |
en_US |