ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG PASAR KEMUNING KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Hidayati, Heny
dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Alkadrie, Syarif Agussaid
dc.contributor.author Arif, Muhammad
dc.date.accessioned 2025-05-26T02:05:30Z
dc.date.available 2025-05-26T02:05:30Z
dc.date.issued 2025-03-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6427
dc.description.abstract MUHAMMAD ARIF, NIM: 11915045, Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Pasar Kemuning Kota Pontianak: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Pasar merupakan area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya. Perilaku menyimpang sering kali ditemukan di pasar tradisional oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan etika bisnis islam pada pedagang pasar Kemuning Kota Pontianak, berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu, 1) Sumber primer, data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pedagang pasar Kemuning Kota Pontianak, terdiri dari 4 orang pedagang sayur, 1 orang pedagang ayam potong, 1 orang pedagang daging, 1 orang pedagang sembako dan 1 orang pedagang tahu dan tempe; 2) Sumber sekunder, data yang diperoleh dari pihak Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak. Teknik analisis pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu, teknik analisis untuk verifikasi data dan menarik kesimpulan dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan etika bisnis islam pada pedagang pasar kemuning Kota Pontianak belum sepenuhnya diterapkan, terutama dari segi prinsip tauhid, kehendak bebas dan prinsip tanggung jawab, dimana pedagang masih sering melalaikan ibadah, kemudian ada beberapa pedagang yang masih memberikan harga lebih rendah dibandingkan dengan harga yang diberikan oleih teman-teman pedagang yang lain dan belum sepenuhnya melakukan pencatatan keuangan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Etika Bisnis Islam en_US
dc.subject pedagang en_US
dc.subject Pasar en_US
dc.title ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG PASAR KEMUNING KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account