dc.description.abstract |
Hidayah 12101140, Pengaruh Penerapan Strategi Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SD Negeri 09 Durian Sebatang Kabupaten Kayong Utara Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini untuk menganalilis: 1) Penerapan strategi ice breaking terhadap siswa kelas III dalam mata pelajaran PAI di SD Negeri 09 Durian Sebatang. 2) Minat belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 09 Durian Sebatang. 3) Pengaruh dari strategi ice breking terhadap minat belajar siswa kelas III pada mata pelajran PAI di SD Negeri 09 Durian Sebatang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen pre-eksperimental designs (non-designs) yaitu desain pretest-posttest satu kelompok. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 09 Durian Sebatang kelas III pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III menjadi kelas eksperimen. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar obsevasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan: 1) Penerapan strategi ice breaking di SD Negeri 09 Durian Sebatang pada pembelajaran PAI menunjukan bahwa penerapannya mencapai (100%). Jadi dapat disimpulkan penerapan strategi ice breaking berada dikategori “Sangat Baik”. 2) Minat belajar siswa kelas Eksperimen (III) pada pembelajaran PAI sebelum diterapkannya pembelajaran menggunakan strategi ice breaking memiliki rata-rata 38,16. Jadi dapat disimpulkan minat belajar siswa berada dikategori “rendah”. Dan minat belajar siswa kelas eksperimen (III) pada pembelajaran PAI sesudah diterapkannya pembelajaran menggunakan strategi ice breaking memiliki rata-rata 51,36. Jadi dapat disimpulkan minat belajar siswa berada dikategori “sedang”. 3) Data hasil uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel ( 9,430 > 1,713). Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan staregi ice breaking terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas III SD Negeri 09 Durian Sebatang. |
en_US |