| dc.contributor.advisor | Hariansyah, Hariansyah | |
| dc.contributor.advisor | Nelly, Nelly | |
| dc.contributor.advisor | Usman, Usman | |
| dc.contributor.advisor | Susanto, Rizki | |
| dc.contributor.author | Yuliantika, Keti | |
| dc.date.accessioned | 2025-05-20T08:32:41Z | |
| dc.date.available | 2025-05-20T08:32:41Z | |
| dc.date.issued | 2024-05-08 | |
| dc.identifier.uri | https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6412 | |
| dc.description.abstract | Keti Yuliantika. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membina Akhlak Terpuji Peserta Didik di SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pendidik dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengajar dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 4) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengarah dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 5) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pelatih dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 6) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai penilai dan pengevaluasi dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan seluruh peserta didik kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pendidik dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 88% dikategorikan “sangat kuat”. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengajar dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 87% dikategorikan “sangat kuat”. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 59% dikategorikan “cukup”. 4) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengarah dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 87% dikategorikan “sangat kuat”. 5) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pelatih dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai 85% dikategorikan “sangat kuat”. 6) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai penilai dan pengevaluasi dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 85% dikategorikan “sangat kuat”. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | IAIN Pontianak | en_US |
| dc.subject | Peran Guru | en_US |
| dc.subject | Pendidikan Agama Islam (PAI) | en_US |
| dc.subject | Membina Akhlak Terpuji | en_US |
| dc.subject | Peserta Didik | en_US |
| dc.title | Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membina Akhlak Terpuji Peserta Didik di SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |