Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membina Akhlak Terpuji Peserta Didik di SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Yuliantika, Keti
dc.date.accessioned 2025-05-20T08:32:41Z
dc.date.available 2025-05-20T08:32:41Z
dc.date.issued 2024-05-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6412
dc.description.abstract Keti Yuliantika. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membina Akhlak Terpuji Peserta Didik di SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pendidik dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengajar dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 4) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengarah dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 5) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pelatih dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 6) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai penilai dan pengevaluasi dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan seluruh peserta didik kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pendidik dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 88% dikategorikan “sangat kuat”. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengajar dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 87% dikategorikan “sangat kuat”. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 59% dikategorikan “cukup”. 4) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengarah dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 87% dikategorikan “sangat kuat”. 5) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pelatih dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai 85% dikategorikan “sangat kuat”. 6) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai penilai dan pengevaluasi dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 85% dikategorikan “sangat kuat”. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.subject Membina Akhlak Terpuji en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membina Akhlak Terpuji Peserta Didik di SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account