dc.contributor.advisor |
Hariansyah, Hariansyah |
|
dc.contributor.advisor |
Nelly, Nelly |
|
dc.contributor.advisor |
Usman, Usman |
|
dc.contributor.advisor |
Susanto, Rizki |
|
dc.contributor.author |
Yuliantika, Keti |
|
dc.date.accessioned |
2025-05-20T08:32:41Z |
|
dc.date.available |
2025-05-20T08:32:41Z |
|
dc.date.issued |
2024-05-08 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6412 |
|
dc.description.abstract |
Keti Yuliantika. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam
Membina Akhlak Terpuji Peserta Didik di SMAS Mujahidin Pontianak Tahun
Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran Guru Pendidikan Agama
Islam (PAI) sebagai pendidik dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS
Mujahidin Pontianak. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai
pengajar dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin
Pontianak. 3) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing
dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 4)
Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pengarah dalam membina
akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 5) Peran Guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pelatih dalam membina akhlak terpuji
peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak. 6) Peran Guru Pendidikan Agama
Islam (PAI) sebagai penilai dan pengevaluasi dalam membina akhlak terpuji peserta
didik di SMAS Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI dan seluruh peserta didik
kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik
yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan
dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS
Statistik 25.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Peran Guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pendidik dalam membina akhlak terpuji
peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase 88%
dikategorikan “sangat kuat”. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai
pengajar dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin
Pontianak didapatkan nilai persentase 87% dikategorikan “sangat kuat”. 3) Peran
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembimbing dalam membina akhlak
terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai persentase
59% dikategorikan “cukup”. 4) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai
pengarah dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin
Pontianak didapatkan nilai persentase 87% dikategorikan “sangat kuat”. 5) Peran
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pelatih dalam membina akhlak terpuji
peserta didik di SMAS Mujahidin Pontianak didapatkan nilai 85% dikategorikan
“sangat kuat”. 6) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai penilai dan
pengevaluasi dalam membina akhlak terpuji peserta didik di SMAS Mujahidin
Pontianak didapatkan nilai persentase 85% dikategorikan “sangat kuat”. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
IAIN Pontianak |
en_US |
dc.subject |
Peran Guru |
en_US |
dc.subject |
Pendidikan Agama Islam (PAI) |
en_US |
dc.subject |
Membina Akhlak Terpuji |
en_US |
dc.subject |
Peserta Didik |
en_US |
dc.title |
Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membina Akhlak Terpuji Peserta Didik di SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |