dc.description.abstract |
FADILLAH ANJANI. Kemampuan menghafal surah pendek dengan Metode Talaqqi kelas II SDIT AL Mumtaz tahun ajaran2023/2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan tentang 1)Pelaksanaan metode talaqqi di kelas II SDIT Al Mumtaz tahun ajaran 2023/2024. 2)Kemampuan menghafal surah pendek dengan metode talaqqi peserta didik kelas II SDIT Al Mumtaz tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data guru, populasi data yaitu peserta didik kelas II sebanyak 142 orang dan sampel diambil secara random sebanyak 21 orang. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes kemampuan menghafal.Teknik analisis deskriptif presentase.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut bahwa. 1) Pelaksanaan Metode Talaqqi sebanyak 85% peserta didik menunjukkan kemajuan dalam kemampuan menghafal dan memahami bacaan Al-Quran dengan benar sesuai dengan makhorijul huruf, mad, dan harakat. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, perlu dilakukan upaya untuk mendorong lebih banyak peserta didik untuk melakukan murojaah di rumah, menyediakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, serta memberikan perhatian ekstra pada peserta didik yang menghadapi kesulitan dalam mengikuti bacaan panjang atau memperhatikan arahan dengan baik 2) Kemampuan mengahafal peserta didik dengan Metode Talaqqi mencapai 50%, dengan sejumlah peserta didik masih menghadapi tantangan. Beberapa di antaranya masih belum sepenuhnya menguasai hafalan, kurang konsentrasi, mengalami kesulitan dalam pelafalan huruf atau aturan mad, serta mengalami kesulitan dalam mengalirkan ayat-ayat dengan lancar. |
en_US |