EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOTHERAPY DALAM PERUBAHAN PERILAKU BULLYING VERBAl PADA KELAS VIII SMP NEGERI 01 TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fazny, Bella Yugi
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.advisor Kurnanto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Saputra, Randi
dc.contributor.author Tiara, tiara
dc.date.accessioned 2025-05-19T02:23:55Z
dc.date.available 2025-05-19T02:23:55Z
dc.date.issued 2025-04-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6386
dc.description.abstract TIARA (12106015), Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Bibliotherapy dalam Mengurangi Perilaku Bullying Verbal pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik bibliotherapy dalam layanan konseling kelompok dalam mengurangi perilaku bullying verbal pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan jumlah sampel 7 orang siswa yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui angket skala perilaku bullying verbal, observasi, dan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bibliotherapy terbukti efektif dalam mengurangi perilaku bullying verbal dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap dampak negatif bullying verbal serta menumbuhkan empati terhadap korban. Berdasarkan hasil pelaksanaan teknik bibliotherapy pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa metode ini berperan dalam mengurangi perilaku bullying verbal di kalangan siswa. Melalui tahapan identifikasi, proyeksi, katarsis, dan insight, siswa menunjukkan perubahan sikap, kesadaran diri, serta pemahaman yang lebih baik mengenai dampak bullying verbal. Pada siklus pertama, terjadi penurunan rata-rata perilaku bullying verbal sebesar 8,64%, meskipun masih terdapat kendala seperti variasi minat membaca dan kurangnya keterlibatan aktif dalam diskusi. Pada siklus kedua, dengan perbaikan metode, terjadi penurunan lebih lanjut sebesar 16,71%, sehingga total penurunan mencapai 25,35% siswa mulai menunjukkan perubahan sikap yang lebih positif. Berdasarkan temuan ini, teknik bibliotherapy dapat dijadikan sebagai alternatif dalam layanan bimbingan dan konseling untuk menangani perilaku bullying verbal di lingkungan sekolah. Namun, efektivitasnya masih dapat ditingkatkan dengan strategi yang lebih menarik serta dukungan dari lingkungan sekolah dalam menciptakan budaya literasi yang lebih baik.   en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Konseling Kelompok en_US
dc.subject Bullying Verbal en_US
dc.subject Bibliotherapy en_US
dc.title EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOTHERAPY DALAM PERUBAHAN PERILAKU BULLYING VERBAl PADA KELAS VIII SMP NEGERI 01 TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account