PENGARUH PENGGUNAAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI SMA MUJAHIDIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author Bella, Sinta
dc.date.accessioned 2025-05-19T01:47:44Z
dc.date.available 2025-05-19T01:47:44Z
dc.date.issued 2025-04-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6383
dc.description.abstract SINTA BELLA. Pengaruh Penggunaan Pemberian Reward terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) Bagaimana Penggunaan Pemberian Reward Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak; 2) Bagaimana Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak; 3) Apakah Terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Eksperimen dengan rancangan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa komunikasi tidak langsung dan dokumentasi, pengukuran berupa Angket. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket atau kuesioner dan dokumen atau foto. Analisis data menggunakan; 1) Analisis instrumen data berupa validasi isi, perbutir dan keseluruhan serta validitas kontruk dan reliabilitas; 2) Analisis deskriptif berupa penggunaan pemberian reward dan minat belajar siswa dan 3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan uji normalitas, uji homogenitas, persamaan regresi dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa;1) Penggunaan Pemberian Reward Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontinak memiliki persentase dari nilai skor rata-rata keseluruhan indikator diperoleh sebesar 0,85 dengan peresentase 85% termasuk pada kategori sangat baik; 2) Minat belajar siswa untuk kelas kontrol memiliki nilai skor rata-rata keseluruhan indikator diperoleh sebesar 0,68 dengan peresentase 68% dan termsuk pada kategori baik. Sedangkan minat belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai skor rata-rata keseluruhan indikator diperoleh sebesar 0,84 dengan peresentase 84% dan termasuk pada kategori sangat baik. 3) Hasil uji hipotesis melalui persamaan regresi linear sederhan diperoleh bahwa nilai sigifikansi koefisien regresi sebesar <0,007 < 0,05 (alpha), maka keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunakan pemberian reward terhadap minat siswa pada mata Pelajaran Pendidikn Agama Islam (PAI) kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pemberian Reward en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS XI SMA MUJAHIDIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account