dc.description.abstract |
SINTA BELLA. Pengaruh Penggunaan Pemberian Reward terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) Bagaimana Penggunaan Pemberian Reward Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak; 2) Bagaimana Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak; 3) Apakah Terdapat Pengaruh yang Signifikan Penggunaan Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontianak.
Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif. Metode Quasi Eksperimen dengan rancangan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa komunikasi tidak langsung dan dokumentasi, pengukuran berupa Angket. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket atau kuesioner dan dokumen atau foto. Analisis data menggunakan; 1) Analisis instrumen data berupa validasi isi, perbutir dan keseluruhan serta validitas kontruk dan reliabilitas; 2) Analisis deskriptif berupa penggunaan pemberian reward dan minat belajar siswa dan 3) Analisis pengaruh berupa pemeriksaan uji normalitas, uji homogenitas, persamaan regresi dan uji hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa;1) Penggunaan Pemberian Reward Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMA Mujahidin Pontinak memiliki persentase dari nilai skor rata-rata keseluruhan indikator diperoleh sebesar 0,85 dengan peresentase 85% termasuk pada kategori sangat baik; 2) Minat belajar siswa untuk kelas kontrol memiliki nilai skor rata-rata keseluruhan indikator diperoleh sebesar 0,68 dengan peresentase 68% dan termsuk pada kategori baik. Sedangkan minat belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai skor rata-rata keseluruhan indikator diperoleh sebesar 0,84 dengan peresentase 84% dan termasuk pada kategori sangat baik. 3) Hasil uji hipotesis melalui persamaan regresi linear sederhan diperoleh bahwa nilai sigifikansi koefisien regresi sebesar <0,007 < 0,05 (alpha), maka keputusan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunakan pemberian reward terhadap minat siswa pada mata Pelajaran Pendidikn Agama Islam (PAI) kelas XI SMA Mujahidin Pontianak. |
en_US |