PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK ANAK USIA DINI DI BUKU TARBIYATUL AULAD

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Harriska, Harriska
dc.contributor.author Bela, Sinta
dc.date.accessioned 2025-05-15T08:30:04Z
dc.date.available 2025-05-15T08:30:04Z
dc.date.issued 2025-04-29
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6380
dc.description.abstract SINTA BELA. “Pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan Tentang Pendidikan Akhlak Untuk Anak Usia Dini di Buku Tarbiyatul Aulad”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN), 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya dua alasan utama: 1) Periode perkembangan anak usia dini disebut juga dengan periode emas, oleh sebab itu pendidikan akhlak sejak usia dini menjadi penting. 2) Diantara tokoh muslim menonjol atau populer yang menuliskan konsep pendidikan akhlak anak usia dini adalah Abdullah Nashih Ulwan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang materi pendidikan akhlak anak usia dini dalam buku Tarbiyatul Aulad, 2) Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang metode pendidikan akhlak anak usia dini dalam buku Tarbiyatul Aulad, dan 3) Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang sifat-sifat dasar yang harus dimiliki oleh para pendidik anak usia dini dalam buku Tarbiyatul Aulad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan adalah adalah mempelajari, memahami dan mengutip berbagai teori, pandangan, pendapat, pernyataan dari para ahli yang diperoleh dari berbagai sumber seperti misalnya jurnal, hasil penelitian terdahulu, literatur atau buku-buku ilmiah. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, selanjutnya melakukan analisis data yakni dengan cara kondensasi, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang peneliti lakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Materi pendidikan akhlak anak usia dini menurut Abdullah Nashih Ulwan ada tiga ruang lingkup pertama akhlak kepada Allah, kedua akhlak kepada diri sendiri, dan ketiga akhlak kepada orang lain. 2) Metode pendidikan akhlak anak usia dini menurut Abdullah Nashih Ulwan ada lima metode yaitu metode teladan, pembiasaan, nasihat, perhatian dan pemantauan, dan hukuman. 3) Sifat-sifat dasar yang harus dimiliki para pendidik anak usia dini menurut Abdullah Nashih Ulwan ada lima yaitu ikhlas, takwa, ilmu, sabar, dan rasa tanggungjawab. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Abdullah Nashih Ulwan en_US
dc.subject Pendidikan Akhlak en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PEMIKIRAN ABDULLAH NASHIH ULWAN TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK ANAK USIA DINI DI BUKU TARBIYATUL AULAD en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account