dc.description.abstract |
IRMA GUSNIAWATI (12001297), Implementasi Program Bina Pribadi Islam Dalam
Membangun Karakter Tanggung Jawab Siswa SMPQ Alkarima Kabupaten Kubu Raya.
Skripsi : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024
Skripsi ini bertujuan: satu, untuk mengetahui bagaimana adaptasi program Bina
Pribadi Islam dalam membangun karakter tanggung jawab siswa; dua, untuk
mengetahui bagaimana pencapaian tujuan program Bina Pribadi Islam dalam
membangun karakter tanggung jawab siswa; tiga, untuk mengetahui bagaimana
integrasi program Bina Pribadi Islam dalam membangun karakter tanggung jawab
siswa; empat, untuk mengetahui bagaimana pemeliharaan pola program Bina Pribadi
Islam dalam membangun karakter tanggung jawab siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Menengah Pertama Quran Alkarima
Kabupaten Kubu Raya. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, penanggung
jawab program BPI, guru-guru program BPI, siswa, dan orang tua siswa. Sementara
teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi tidak langsung,
wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan
untuk pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi, member check, dan
perpanjangan waktu penelitian.
Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang diperoleh, maka dapat
disimpulkan bahwa: satu, dari sisi adaptasi, bahwa di sekolah SMPQ Alkarima telah
melakukan penyesuaian diri dengan kondisi eksternal dengan membentuk program BPI,
dan dalam hal itu program Bina Pribadi Islam telah didukung oleh fasilitas sarana dan
prasarana yang memadai serta tersedia sumber daya manusia yang kompeten untuk
mengoptimalkan program Bina Pribadi Islam. Dua, dari sisi goal attainment
(pencapaian tujuan), program Bina Pribadi Islam telah didukung oleh visi dan misi
sekolah yang mana visi sebagai perumusan tujuan dan misi sebagai cara dalam
merealisasikan visi. Serta tersedia blueprint yang jelas untuk mengoptimalkan
pelaksanaan program Bina Pribadi Islam. Tiga, dari sisi integrasi, program Bina Pribadi
Islam juga telah didukung oleh keselarasan sistem sosial dalam hal ini yakni hubungan
timbal balik antara sekolah terhadap lingkungan masyarakat, tersedia kerja sama
terhadap pemerintah, serta adanya dukungan dari lingkungan keluarga untuk
mengoptimalkan program Bina Pribadi Islam. Empat, dari sisi latency (pemeliharaan
pola), program Bina Pribadi Islam telah didukung oleh tiga aspek tanggung jawab yang
ada, yaitu tanggung jawab pribadi, tanggung jawab kepada Tuhan, dan tanggung jawab
sosial. Namun dari sisi ini terdapat siswa yang belum terbiasa untuk tepat waktu dan
tidak terlambat ke sekolah menjadikan perlu adanya perhatian untuk memperbaiki hal
tersebut untuk dapat mengoptimalkan program Bina Pribadi Islam. |
en_US |