dc.description.abstract |
Kaltian Oktaviana, Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IAI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di
MAN 1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya proses pembelajaran
yang dilakukan sehingga hasil belajar yang didapatkan kurang baik. Berdasarkan
identifikasi masalah, rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana penerapan
strategi everyone is a teacher here, bagaimana hasil belajar dan bagaimana
pengaruh strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas
XII di MAN 1 Pontianak, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling dengan kelas XII IAI sebanyak 37 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebanyak 37 siswa sebagai kelas control.
Instrument yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda.
Simpulan penelitian menyatakan bahwa : 1) Penerapan strategi everyone is
a teacher here termasuk dalam kategori sangat baik karena memperoleh skor 14
dari 14 aspek penilaian dengan persentase 100%, artinya langkah-langkah strategi
everyone is a teacher here diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar post-test
siswa kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 88,78 dan pada kelas
control mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,72. 3) Hasil uji hipotesis
menggunakan uji T independent sample t-test didapatkan nilai signifikansi sig (2
tailed) sebesar 0,00< 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak
artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi everyone is a teacher here terhadap
hasil belajar siswa kelas XII IAI pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1
Pontianak. |
en_US |