Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IAI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author Oktaviana, Kaltian
dc.date.accessioned 2025-05-08T03:45:19Z
dc.date.available 2025-05-08T03:45:19Z
dc.date.issued 2023-12-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6328
dc.description.abstract Kaltian Oktaviana, Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IAI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya proses pembelajaran yang dilakukan sehingga hasil belajar yang didapatkan kurang baik. Berdasarkan identifikasi masalah, rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana penerapan strategi everyone is a teacher here, bagaimana hasil belajar dan bagaimana pengaruh strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XII di MAN 1 Pontianak, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XII IAI sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebanyak 37 siswa sebagai kelas control. Instrument yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Simpulan penelitian menyatakan bahwa : 1) Penerapan strategi everyone is a teacher here termasuk dalam kategori sangat baik karena memperoleh skor 14 dari 14 aspek penilaian dengan persentase 100%, artinya langkah-langkah strategi everyone is a teacher here diterapkan secara sistematis. 2) Hasil belajar post-test siswa kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 88,78 dan pada kelas control mendapatkan nilai rata-rata sebesar 79,72. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T independent sample t-test didapatkan nilai signifikansi sig (2 tailed) sebesar 0,00< 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh penggunaan strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar siswa kelas XII IAI pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Everyone Is a Teacher Here en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Akidah Akhlak en_US
dc.title Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IAI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account