Pelayanan Usaha Tour Travel Umrah Dan Haji Pada PT. Menara Tanjung Pontianak Sebagai Wujud Implementasi Nilai-nilai Islam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahmah Yulisa
dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Khairunnisa, Dina
dc.contributor.author Khaliza, Eka Nur
dc.date.accessioned 2025-04-30T04:25:38Z
dc.date.available 2025-04-30T04:25:38Z
dc.date.issued 2024-01-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6277
dc.description.abstract Eka Nur Khaliza, Pelayanan Usaha Tour Travel Umrah Dan Haji Pada PT. Menara Tanjung Pontianak Sebagai Wujud Implementasi Nilai-nilai Islam: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2023. Latar belakang penelitian ini dimana peneliti melihat banyak sekali kasus berita pelaku usaha bisnis khususnya pada usaha tour travel umrah dan haji yang melakukan penipuan kepada para jamaah, sehingga hal tersebut dapat merugikan banyak pihak. Diantaranya, berdampak kepada masyarakat, rantai bisnis usaha bahkan perekonomian. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan pelaku usaha tidak menerapkan sikap prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang sesuai hukum syariah dalam melakukan kegiatannya. Untuk itu penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui : 1) Sistem pelayanan pada jasa Tour Travel Umrah Haji PT. Menara Tanjung Pontianak; 2) Apasaja pelayanan usaha Tour Travel Umrah Haji pada PT. Menara Tanjung Pontianak Dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Islam. Penelitian ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Sumber yang diperoleh oleh peneliti melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yaitu, 1) Data Primer; 2) Data Skunder. Dimana peneliti melakukan proses wawancara kepada pihak travel PT. Menara Tanjung Pontianak dan kepada Alumni Jamaah PT. Menara Tanjung Pontianak. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan suatu data adalah teknik triangulasi dan ketekunan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Sistem pelayanan pada jasa PT. Menara Tanjung Pontianak telah berhasil mendapatkan kepercayaan para jamaah atas pelayanan yang diberikan, diarenakan PT. Menara Tanjung Pontianak menerapkan bentuk pelayanan yang baik terhadap para jamaah. Dapat dilihat dari adanya prinsip tolong-menolong dalam administrasi, memberi kemudahan kepada jamaah yang lansia, persamaan dalam melayani tidak memandang strata sosial, rasa cinta kepada Sang pencipta dan dalam menjalankan usaha, melayani dengan lembut ketika mendapat kritik/saran dan membentuk ukhwah antara staff dengan jamaah maupun layanan kemitraan. 2) Pelayanan pada PT. Menara Tanjung sudah sejalan dengan nilai-nilai islam, dapat dibuktikan adanya nilai shiddiq dalam berdirinya PT. Menara Tanjung, amanah dalam melayani pembiayaan, fathanah dalam mengambil tindakan ketika terjadi suatu masalah dan tabligh dalam menyampaikan sesuatu secara terbuka. Dalam artian tidak ada yang ditutup-tutupi yang diterapkan oleh para staff PT. Menara Tanjung Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Umrah dan Haji en_US
dc.subject Nilai-nilai Islam en_US
dc.title Pelayanan Usaha Tour Travel Umrah Dan Haji Pada PT. Menara Tanjung Pontianak Sebagai Wujud Implementasi Nilai-nilai Islam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account