dc.description.abstract |
Eka Nur Khaliza, Pelayanan Usaha Tour Travel Umrah Dan Haji Pada
PT. Menara Tanjung Pontianak Sebagai Wujud Implementasi Nilai-nilai Islam:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, Tahun 2023.
Latar belakang penelitian ini dimana peneliti melihat banyak sekali kasus
berita pelaku usaha bisnis khususnya pada usaha tour travel umrah dan haji yang
melakukan penipuan kepada para jamaah, sehingga hal tersebut dapat merugikan
banyak pihak. Diantaranya, berdampak kepada masyarakat, rantai bisnis usaha
bahkan perekonomian. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan pelaku usaha tidak
menerapkan sikap prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang sesuai hukum syariah
dalam melakukan kegiatannya. Untuk itu penelitian ini dibuat dengan tujuan
untuk mengetahui : 1) Sistem pelayanan pada jasa Tour Travel Umrah Haji PT.
Menara Tanjung Pontianak; 2) Apasaja pelayanan usaha Tour Travel Umrah Haji
pada PT. Menara Tanjung Pontianak Dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai
Islam.
Penelitian ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis
deskriptif kualitatif. Sumber yang diperoleh oleh peneliti melalui teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yaitu, 1) Data
Primer; 2) Data Skunder. Dimana peneliti melakukan proses wawancara kepada
pihak travel PT. Menara Tanjung Pontianak dan kepada Alumni Jamaah PT.
Menara Tanjung Pontianak. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan suatu data
adalah teknik triangulasi dan ketekunan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Sistem
pelayanan pada jasa PT. Menara Tanjung Pontianak telah berhasil mendapatkan
kepercayaan para jamaah atas pelayanan yang diberikan, diarenakan PT. Menara
Tanjung Pontianak menerapkan bentuk pelayanan yang baik terhadap para
jamaah. Dapat dilihat dari adanya prinsip tolong-menolong dalam administrasi,
memberi kemudahan kepada jamaah yang lansia, persamaan dalam melayani
tidak memandang strata sosial, rasa cinta kepada Sang pencipta dan dalam
menjalankan usaha, melayani dengan lembut ketika mendapat kritik/saran dan
membentuk ukhwah antara staff dengan jamaah maupun layanan kemitraan. 2)
Pelayanan pada PT. Menara Tanjung sudah sejalan dengan nilai-nilai islam, dapat
dibuktikan adanya nilai shiddiq dalam berdirinya PT. Menara Tanjung, amanah
dalam melayani pembiayaan, fathanah dalam mengambil tindakan ketika terjadi
suatu masalah dan tabligh dalam menyampaikan sesuatu secara terbuka. Dalam
artian tidak ada yang ditutup-tutupi yang diterapkan oleh para staff PT. Menara
Tanjung Pontianak. |
en_US |