Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah Terhadap Literasi Keuangan Syariah dan Loyalitas Nasabah Milenial

Show simple item record

dc.contributor.advisor Verdianti, Verdianti
dc.contributor.advisor Amin, Musa
dc.contributor.advisor Bahtiar, Eko
dc.contributor.advisor Segu, Segu
dc.contributor.author Wafa, Wafa
dc.date.accessioned 2025-04-29T07:38:04Z
dc.date.available 2025-04-29T07:38:04Z
dc.date.issued 2024-01-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6263
dc.description.abstract WAFA (2023) Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah Terhadap Literasi Keuangan Syariah Dan Loyalitas Nasabah Milenial. Skripsi Pontianak: Prodi Perbankan Syariah (PBS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2023 Layanan digital perbankan syariah mampu menyediakan produk-produk keuangan yang lebih efisien, aman,dan cepat. Namun laporan survei menunjukkan bahwa peforma kinerja pada layanan digital di Bank Syariah Indonesia tidak mampu menaikan tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2022 tingkat literasi keuangan syariah hanya 9,14% hal tersebut masih tergolong rendah. Loyalitas merupakan faktor yang sangat penting bagi perbankan untuk bertahan dalam kelangsungan bisnisnya. Kesetiaan nasabah sangat penting dan dibutuhkan oleh perbankan untuk meningkatkan kualitas layanan. Apabila nasabah merasa bahwa kualitas layanan yang diterimanya baik dan sesuai harapannya maka nasabah akan merasa puas, memiliki rasa percaya dan akan memiliki komitmen menjadi nasabah yang loyal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui : 1) pengaruh layanan digital perbankan syariah terhadap tingkat literasi keuangan syariah nasabah milenial, 2) pengaruh layanan digital perbankan syariah terhadap loyalitas nasabah milenial. 3) pengaruh literasi keuangan syariah terhadap loyalitas nasabah milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan Rumus Lemeshow dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1).Variabel Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan diperoleh hasil Sig. (0,193) > 0,05. Hal ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak, maka Layanan Digital Perbankan Syariah tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Literasi Keuangan. 2).Variabel Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Loyalitas Nasabah diperoleh hasil Sig. (0,00) < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, maka Layanan Digital Perbankan Syariah terdapat pengaruh signifikasi terhadap Loyalitas Nasabah. 3) Variabel Literasi Keuangan terhadap Loyalitas Nasabah diperoleh hasil Sig. (0,00) > 0,05. Hal ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak, maka Literasi Keuangan tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Layanan Digital en_US
dc.subject Literasi Keuangan en_US
dc.subject Loyalitas en_US
dc.title Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah Terhadap Literasi Keuangan Syariah dan Loyalitas Nasabah Milenial en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account