dc.description.abstract |
WAFA (2023) Pengaruh Layanan Digital Perbankan Syariah Terhadap Literasi
Keuangan Syariah Dan Loyalitas Nasabah Milenial. Skripsi Pontianak: Prodi
Perbankan Syariah (PBS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2023
Layanan digital perbankan syariah mampu menyediakan produk-produk
keuangan yang lebih efisien, aman,dan cepat. Namun laporan survei menunjukkan
bahwa peforma kinerja pada layanan digital di Bank Syariah Indonesia tidak
mampu menaikan tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat. Hasil Survei
Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh OJK pada
tahun 2022 tingkat literasi keuangan syariah hanya 9,14% hal tersebut masih
tergolong rendah. Loyalitas merupakan faktor yang sangat penting bagi perbankan
untuk bertahan dalam kelangsungan bisnisnya. Kesetiaan nasabah sangat penting
dan dibutuhkan oleh perbankan untuk meningkatkan kualitas layanan. Apabila
nasabah merasa bahwa kualitas layanan yang diterimanya baik dan sesuai
harapannya maka nasabah akan merasa puas, memiliki rasa percaya dan akan
memiliki komitmen menjadi nasabah yang loyal.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui :
1) pengaruh layanan digital perbankan syariah terhadap tingkat literasi keuangan
syariah nasabah milenial, 2) pengaruh layanan digital perbankan syariah terhadap
loyalitas nasabah milenial. 3) pengaruh literasi keuangan syariah terhadap loyalitas
nasabah milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penentuan jumlah
sampel dilakukan dengan menggunakan Rumus Lemeshow dan jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 100 responden.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1).Variabel Layanan Digital
Perbankan Syariah terhadap Literasi Keuangan diperoleh hasil Sig. (0,193) > 0,05.
Hal ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak, maka Layanan Digital Perbankan Syariah
tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Literasi Keuangan. 2).Variabel
Layanan Digital Perbankan Syariah terhadap Loyalitas Nasabah diperoleh hasil
Sig. (0,00) < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, maka Layanan Digital
Perbankan Syariah terdapat pengaruh signifikasi terhadap Loyalitas Nasabah. 3)
Variabel Literasi Keuangan terhadap Loyalitas Nasabah diperoleh hasil Sig. (0,00)
> 0,05. Hal ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak, maka Literasi Keuangan tidak
terdapat pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. |
en_US |