ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KELOMPOK PEREMPUAN JAWA ANEKA RASA DESA KUALA DUA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.advisor Hidiyati, Heny
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.author Sari, Dini Sasmita
dc.date.accessioned 2025-04-28T02:44:54Z
dc.date.available 2025-04-28T02:44:54Z
dc.date.issued 2025-04-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6216
dc.description.abstract DINI SASMITA SARI (12115104), “Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kelompok Perempuan Jawa Aneka Rasa Desa Kuala Dua”. Skripsi Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)strategi Pemasaran pada UMKM Kelompok Perempuan Jawa Aneka Rasa dalam menarik minat konsumen. (2) tantangan yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran (3) gambaran peningkatan UMKM Kelompok Perempuan Jawa Aneka Rasa Desa Kuala Dua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunakn triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini bahwa UMKM Kelompok Perempuan Jawa Anelka Rasa, merupakan usaha produksi makanan ringan yang menawarkan beragam produk seperti keripik, stik, dan camilan lainnya. UMKM ini menerapkan strategi inovasi produk dengan variasi rasa, pengemasan menarik, dan penetapan harga yang fleksibel, Rp 10.000-15.000. Pemasaran dilakukan melalui jalur offline dan online, dengan fokus pada pelayanan konsumen dan partisipasi pameran. Keunikan usaha terletak pada penggunaan bahan baku lokal, cita rasa khas, dan pemanfaatan teknologi digital melalui WhatsApp Bisnis dan Facebook. Meskipun menghadapi tantangan penurunan penjualan, UMKM mampu mempertahankan tingkat pembelian ulang 30-40% dengan rata-rata transaksi di atas Rp 100.000, berkat strategi pemberian bonus dan konsistensi kualitas produk. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Tantangan Pemasaran en_US
dc.subject Peningkatan Pendapatan en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KELOMPOK PEREMPUAN JAWA ANEKA RASA DESA KUALA DUA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account