dc.description.abstract |
DINI SASMITA SARI (12115104), “Analisis Strategi Pemasaran
dalam Meningkatkan Pendapatan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Kelompok Perempuan Jawa Aneka Rasa Desa Kuala Dua”. Skripsi
Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2021,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)strategi Pemasaran pada
UMKM Kelompok Perempuan Jawa Aneka Rasa dalam menarik minat
konsumen. (2) tantangan yang dihadapi dalam menerapkan strategi
pemasaran (3) gambaran peningkatan UMKM Kelompok Perempuan Jawa
Aneka Rasa Desa Kuala Dua.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunakn triangulasi dan member
check.
Hasil penelitian ini bahwa UMKM Kelompok Perempuan Jawa
Anelka Rasa, merupakan usaha produksi makanan ringan yang menawarkan
beragam produk seperti keripik, stik, dan camilan lainnya. UMKM ini
menerapkan strategi inovasi produk dengan variasi rasa, pengemasan
menarik, dan penetapan harga yang fleksibel, Rp 10.000-15.000. Pemasaran
dilakukan melalui jalur offline dan online, dengan fokus pada pelayanan
konsumen dan partisipasi pameran. Keunikan usaha terletak pada
penggunaan bahan baku lokal, cita rasa khas, dan pemanfaatan teknologi
digital melalui WhatsApp Bisnis dan Facebook. Meskipun menghadapi
tantangan penurunan penjualan, UMKM mampu mempertahankan tingkat
pembelian ulang 30-40% dengan rata-rata transaksi di atas Rp 100.000,
berkat strategi pemberian bonus dan konsistensi kualitas produk. |
en_US |