Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak (1996-2021)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author Wulandari, Dela
dc.date.accessioned 2025-04-24T14:47:30Z
dc.date.available 2025-04-24T14:47:30Z
dc.date.issued 2023-12-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6204
dc.description.abstract Dela Wulandari, Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak (1996-2021). Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun 2023 M/ 1445 H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak 1996-2021. Berdasarkan hasil observasi peneliti menemukan faktor yang melatarbelakangi berdirinya Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak yaitu karena masyarakat setempat yang mendambakan sebuah lembaga pendidikan terbimbing dan terpadu sepenuhnya. Dari alasan tersebut, K.H Djuhaedi Abdullah S.Ag dan Yakop Abullah yang mewakafkan tanahnya bergerak untuk mewujudkan cita-cita yang mulia tersebut, hingga saat ini dikenal dengan nama Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak. 2) Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak. 3) Prestasi Akademik dan Non akademik Peserta didik Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif Historis. Teknik pengumpulan data menggunakan Heuristik (Observasi, Wawawancara, Dokumentasi), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi, dan Historiografi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member check. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar ini awal didirikannya yaitu pada tahun 1996 dan aktif beroperasi tahun 1997 yang terdiri dari pendidikan Diniyah dan pendidikan formalnya yaitu MTs dan MA, hingga saat ini dikenal dengan nama Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar. 2) Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan seperti perkembangan sarana prasarana, perkembangan Pendidik, perkembangan peserta didik, perkembangan kurikulum serta perkembangan pembiayaan. Hal ini di dukung dengan pihak-pihak yang selalu berkontribusi dalam memajukan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar. 3) Prestasi akademik dan non akademik tidak tertinggal dari lembaga pendidikan lainnya, setiap tahunnya selalu menorehkan prestasi. Dalam hal ini guru-guru selalu memberikan pelatihan sesuai bidangnya untuk menunjang prestasi akademik dan non akademiknya serta di dukung dengan ekstrakurikuler yang ada. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Sejarah en_US
dc.subject Perkembangan en_US
dc.subject Pondok Pesantren en_US
dc.title Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak (1996-2021) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account