dc.description.abstract |
Dela Wulandari, Sejarah dan Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul
Anwar Kota Pontianak (1996-2021). Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri
Pontianak Tahun 2023 M/ 1445 H.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap Sejarah dan
Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak 1996-2021.
Berdasarkan hasil observasi peneliti menemukan faktor yang melatarbelakangi
berdirinya Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak yaitu karena
masyarakat setempat yang mendambakan sebuah lembaga pendidikan terbimbing dan
terpadu sepenuhnya. Dari alasan tersebut, K.H Djuhaedi Abdullah S.Ag dan Yakop
Abullah yang mewakafkan tanahnya bergerak untuk mewujudkan cita-cita yang mulia
tersebut, hingga saat ini dikenal dengan nama Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Sejarah berdirinya Pondok Pesantren
Mathla’ul Anwar Kota Pontianak. 2) Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul
Anwar Kota Pontianak. 3) Prestasi Akademik dan Non akademik Peserta didik Pondok
Pesantren Mathla’ul Anwar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian Deskriptif Historis. Teknik pengumpulan data menggunakan Heuristik
(Observasi, Wawawancara, Dokumentasi), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi,
dan Historiografi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data
menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member check.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Sejarah berdirinya
Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar ini awal didirikannya yaitu pada tahun 1996 dan
aktif beroperasi tahun 1997 yang terdiri dari pendidikan Diniyah dan pendidikan
formalnya yaitu MTs dan MA, hingga saat ini dikenal dengan nama Pondok Pesantren
Mathla’ul Anwar. 2) Perkembangan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar dari tahun ke
tahun mengalami peningkatan seperti perkembangan sarana prasarana, perkembangan
Pendidik, perkembangan peserta didik, perkembangan kurikulum serta perkembangan
pembiayaan. Hal ini di dukung dengan pihak-pihak yang selalu berkontribusi dalam
memajukan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar. 3) Prestasi akademik dan non
akademik tidak tertinggal dari lembaga pendidikan lainnya, setiap tahunnya selalu
menorehkan prestasi. Dalam hal ini guru-guru selalu memberikan pelatihan sesuai
bidangnya untuk menunjang prestasi akademik dan non akademiknya serta di dukung
dengan ekstrakurikuler yang ada. |
en_US |