dc.description.abstract |
AJI SADEWO WAHYU EKA HARTOYO, Implementasi Modul Ajar
(MA), Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di
Kelas IB SDN 05 Rasau Jaya Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023.
Pelaksanaan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam tergolong masih baru di SDN 05 Rasau Jaya. Hal tersebut
mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran
Pendidikan Agama Islam berbasis Modul Ajar Kurikulum Merdeka di kelas IB
SDN 05 Rasau Jaya, ditinjau dari segi proses dan implementasinya.
Penelitian ini bertujuan: Satu, untuk mengetahui kegiatan awal dala Modul
ajar pada pembelajaran PAI di kelas IB. kedua, untuk mengetahui kegiatan Inti
dalam Modul Ajar pembelajaran PAI di kelas IB, ketiga Untuk Mengetahui
kegiatan akhir dalam Modul Ajar Pembelajaran PAI di kelas IB.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif. Informan pada
penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan juga Guru PAI kelas IB SDN 05 Rasau
jaya. Teknik pengumpulan datanya: Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.
Teknik analisis data dengan menggunakan: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan
kesimpulan. Teknik pemeriksan keabsahan data dengan menggunakan Triangulasi
Sumber.
Dari hasil penelitian Skripsi dapat disimpulkan: Satu kegiatan awal
pembelajaran dimulai dengan salam, soa, absensi dan apersepsi. Dua, kegiatan inti
dala Modul ajar adalah menjelaskan materi bersama media yang ada dan di
explorasi agar pembahasan menjadi cukup luas Tiga kegiatan akhir dalam Modul
Ajar pembelajaran PAI adalah menyimpulkan hasil pembelajaran dan doa penutup.
Asesmen formatif dilakukan di pertemuan selanjutnya karena keterbatan waktu. |
en_US |