dc.description.abstract |
Sholihin. (2023). Analisis Pembelajaran pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 1 Teluk Batang Kayong
Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses pembelajaran pendidikan
agama Islam yang dilaksanakan oleh guru PAI pada siswa kelas XI di SMA
Negeri 1 Teluk Batang Kayong Utara. Dalam hasil observasi peneliti
mendapati bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI belum
sepenuhnya membuat siswa mengikuti belajar mengajar yang efektif
sehingga perlu dilakukan pengamatan untuk mengetahui lebih dalam
tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang
dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Teluk Batang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pendahuluan membuka pembelajaran pada mata pelajaran PAI, bagaimana
pelaksanaan kegiatan inti oleh guru PAI dalam menjelaskan isi
pembelajaran. dan bagaimana pelaksanaan penutupan pembelajaran atau
tindak lanjut oleh guru PAI diakhir aktivitas belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis
penelitian kualitatif. Penelitian dengan pendekatan ini bertujuan untuk
menggambarkan atau mendeskripsikan keadaan pada suatu kegiatan real
yang berkelanjutan pada aktivitas pembelajaran. Dengan sumber datanya
adalah melakukan observasi lapangan pada aktivitas pembelajaran yang
dilaksnakan oleh guru PAI dan peserta didik kelas XI yang sedang
berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah
pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi lembar kerja
guru seperti modul ajar dan gambar/foto aktivitas pembelajaran di kelas.
Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
pengumupulan data, pengolahan data, klasifikasi dan kategorisasi data,
analisis deskriptif, analisis komperatif, intepretasi hasil, dan menyusun
laporan.
Hasil
penelitian
ini
menggambarkan pelaksanaan aktivitas
pembelajaran oleh guru PAI. Dari pelaksanaan pendahuluan membuka
pelajaran,
kegiatan inti pembelajaran, dan kegiataan mengakhiri
pembelajaran. Hendaknya seorang guru melakukan pengecekan kesiapan
siswa saat mengikuti pembelajaran, sekurang-kurangnya guru PAI harus
mampu berkreativitas dalam memanfaatkan sarana media pembelajaran,
dan mampu memaksimalkan tindak lanjut dalam evaluasi pembelajaran
remedial. Setelah melakukan analisis dari hasil data yang telah susun,
tergambarkan bahwa aktivitas pembelajaran dari awal hingga akhir
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI pada siswa kelas XI di SMA
Negeri 1 Teluk Batang Kayong Utara dikategorikan baik. |
en_US |