Analisis Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 1 Teluk Batang Kayong Utara

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Sholihin, Sholihin
dc.date.accessioned 2025-04-23T06:20:48Z
dc.date.available 2025-04-23T06:20:48Z
dc.date.issued 2023-12-21
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6191
dc.description.abstract Sholihin. (2023). Analisis Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 1 Teluk Batang Kayong Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan oleh guru PAI pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Teluk Batang Kayong Utara. Dalam hasil observasi peneliti mendapati bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI belum sepenuhnya membuat siswa mengikuti belajar mengajar yang efektif sehingga perlu dilakukan pengamatan untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri satu Teluk Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendahuluan membuka pembelajaran pada mata pelajaran PAI, bagaimana pelaksanaan kegiatan inti oleh guru PAI dalam menjelaskan isi pembelajaran. dan bagaimana pelaksanaan penutupan pembelajaran atau tindak lanjut oleh guru PAI diakhir aktivitas belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dengan pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan keadaan pada suatu kegiatan real yang berkelanjutan pada aktivitas pembelajaran. Dengan sumber datanya adalah melakukan observasi lapangan pada aktivitas pembelajaran yang dilaksnakan oleh guru PAI dan peserta didik kelas XI yang sedang berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi lembar kerja guru seperti modul ajar dan gambar/foto aktivitas pembelajaran di kelas. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumupulan data, pengolahan data, klasifikasi dan kategorisasi data, analisis deskriptif, analisis komperatif, intepretasi hasil, dan menyusun laporan. Hasil penelitian ini menggambarkan pelaksanaan aktivitas pembelajaran oleh guru PAI. Dari pelaksanaan pendahuluan membuka pelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiataan mengakhiri pembelajaran. Hendaknya seorang guru melakukan pengecekan kesiapan siswa saat mengikuti pembelajaran, sekurang-kurangnya guru PAI harus mampu berkreativitas dalam memanfaatkan sarana media pembelajaran, dan mampu memaksimalkan tindak lanjut dalam evaluasi pembelajaran remedial. Setelah melakukan analisis dari hasil data yang telah susun, tergambarkan bahwa aktivitas pembelajaran dari awal hingga akhir pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Teluk Batang Kayong Utara dikategorikan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan Pendahuluan en_US
dc.subject Kegiatan Inti en_US
dc.subject Penutupan Pembelajaran en_US
dc.title Analisis Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 1 Teluk Batang Kayong Utara en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account