dc.description.abstract |
AMARA PRICILYA 11811321 Pengaruh Penggunaan Microsoft Powerpoint
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Materi Zakat Kelas VI SD Negeri 54 Pontianak Barat. Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya “Pengaruh Penggunaan
Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Zakat Kelas VI SD Negeri 54
Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023.” Secara khusus tujuannya untuk
mengetahui: 1). Pengaruh penggunaan Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Zakat
Kelas VI SD Negeri 54 Pontianak Barat. 2). Besarnya pengaruh penggunaan Microsoft
PowerPoint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti Materi Zakat Kelas VI SD Negeri 54 Pontianak Barat. 3).
Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Zakat Kelas VI SD Negeri 54
Pontianak Barat.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian
menggunakan eksperimen semu atau eksperimen quasi. Desain penelitian dalam
penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah
peserta didik kelas VI SD Negeri 54 Pontianak Barat tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 2
kelas (42 peserta didik). Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu
semua populasi menjadi sampel penelitian. Instrumen untuk pengumpulan data penelitian
menggunakan tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa: 1).
Terdapat pengaruh penggunaan Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Zakat Kelas VI
SD Negeri 54 Pontianak Barat. Hal ini ditunjukkan dari hasil Uji Paired Sample t-test
dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (20,254>2,021), dengan nilai signifikansi
sebesar 0,001<taraf signifikansi 0,05 atau (0,001<0,05). 2). Besarnya pengaruh
penggunaan Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Zakat Kelas VI SD Negeri
54 Pontianak Barat yakni sebesar 40,2896 atau 40,2% dengan hasil perhitungan Uji N-
Gain Score termasuk kategori sedang. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti Materi Zakat Kelas VI SD Negeri 54 Pontianak Barat. Hal ini ditunjukkan dari
hasil Uji Independent Sample t-test, yaitu nilai t hitung> t tabel (4,388>2,021) dengan
signifikansi 0,001<0,05. Maka Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha)
diterima. |
en_US |