dc.description.abstract |
ASSYA NURLANSA (11901178). Integrasi Agama dan Sains Dalam Pelajaran Al
Qur’an Hadits di MTs Islamiyah Pontianak. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2023
Skripsi ini memiliki dua tujuan: satu, untuk mendeskripsikan model integrasi
agama dan sains dalam pelajaran Al-Qur’an Hadist pada peserta didik di Mts Islamiyah
Pontianak; dua: untuk mengetahui kendala apa saja dari kerja-kerja integrasi agama
dan sains dalam pelajaran Al-Qur’an Hadist pada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah
Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data
sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi langsung,
wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau
verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi,
member check dan perpanjangan waktu penelitian.
Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang telah diperoleh, maka
dapat disimpulkan bahwa: satu, pengitegrasian agama dan sains dalam pelajaran Al
Qur’an Hadits pada peserta didik di MTs Islamiyah Pontianak ditemukan beberapa
model yang diterapkan, yakni terdapat empat model sebagai berikut: pertama, model
paralelisasi bahwa konsep sains yang sejalan dengan Al-Qur’an. Kedua, model
komplementasi, posisi agama dan sains saling memberikan dukungan dengan
memberikan bukti nyata bahwa pembelajaran berlandasakan Al-Qur’an dan Hadits.
Ketiga, model induksi adanya keterkaitan antara hubungan teori yang berasal dari alam
dengan kekuasaan Allah SWT. Keempat, model verifikasi pada implementasianya
adanya materi yang membahas tentang alam serta dalil pembuktiaannya. Dua, kendala
dari upaya pengintegrasian agama dan sains di mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs
Islamiyah Pontianak antara lain: kurangnya sarana dan prasarana yang memadai guna
untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik di MTs Islamiyah Pontianak, hal
ini sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar di
kelas. Kemudian kesadaran diri dalam peserta didik juga dibutuhkan terlebih pendidik
harus bisa memacu kesadaran tersebut. Point terpenting adalah minimnya minat
membaca pada peserta didik yang membuat pembelajaran akan terhambat jika kelas
dalam keadaan pasif, sehingga pendidik harus memberikan solusi dalam mengatasi
minimnya pengetahuan maka diberlakukannya diskusi antar pendidik dan peserta didik
serta literasi sebelum memulai pembelajaran. |
en_US |