Integrasi Agama dan Sains Dalam Pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Islamiyah Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Nurlansa, Assya
dc.date.accessioned 2025-04-23T02:38:33Z
dc.date.available 2025-04-23T02:38:33Z
dc.date.issued 2023-12-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6181
dc.description.abstract ASSYA NURLANSA (11901178). Integrasi Agama dan Sains Dalam Pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Islamiyah Pontianak. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023 Skripsi ini memiliki dua tujuan: satu, untuk mendeskripsikan model integrasi agama dan sains dalam pelajaran Al-Qur’an Hadist pada peserta didik di Mts Islamiyah Pontianak; dua: untuk mengetahui kendala apa saja dari kerja-kerja integrasi agama dan sains dalam pelajaran Al-Qur’an Hadist pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi, member check dan perpanjangan waktu penelitian. Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: satu, pengitegrasian agama dan sains dalam pelajaran Al Qur’an Hadits pada peserta didik di MTs Islamiyah Pontianak ditemukan beberapa model yang diterapkan, yakni terdapat empat model sebagai berikut: pertama, model paralelisasi bahwa konsep sains yang sejalan dengan Al-Qur’an. Kedua, model komplementasi, posisi agama dan sains saling memberikan dukungan dengan memberikan bukti nyata bahwa pembelajaran berlandasakan Al-Qur’an dan Hadits. Ketiga, model induksi adanya keterkaitan antara hubungan teori yang berasal dari alam dengan kekuasaan Allah SWT. Keempat, model verifikasi pada implementasianya adanya materi yang membahas tentang alam serta dalil pembuktiaannya. Dua, kendala dari upaya pengintegrasian agama dan sains di mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Islamiyah Pontianak antara lain: kurangnya sarana dan prasarana yang memadai guna untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik di MTs Islamiyah Pontianak, hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar di kelas. Kemudian kesadaran diri dalam peserta didik juga dibutuhkan terlebih pendidik harus bisa memacu kesadaran tersebut. Point terpenting adalah minimnya minat membaca pada peserta didik yang membuat pembelajaran akan terhambat jika kelas dalam keadaan pasif, sehingga pendidik harus memberikan solusi dalam mengatasi minimnya pengetahuan maka diberlakukannya diskusi antar pendidik dan peserta didik serta literasi sebelum memulai pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Integrasi en_US
dc.subject Agama en_US
dc.subject Sains en_US
dc.subject Pelajaran Al-Qur’an Hadist en_US
dc.title Integrasi Agama dan Sains Dalam Pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Islamiyah Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account