dc.description.abstract |
RIZKI RAHMAYANI, Regresi Linier Sederhana Untuk Menganalisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual (Video) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VIII Mts Mujahidin Pontianak. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi di kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar matematika tepatnya dalam mengingat rumus-rumus dan karena pembelajaran yang kurang menarik ataupun membosankan dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) penggunaan media pembelajaran audio visual pada materi prisma segitiga; 2) prestasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi prisma segitiga; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan media pembelajaran audio-visual terhadap prestasi belajar; 4) seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran audio-visual .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi, yaitu kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) observasi; 2) tes; 3) studi dokumen. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu: 1) lembar observasi; 2) soal tes essay; 3) perangkat elektronik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu: 1) analisis instrumen (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda); 2) analisis deskriptif (mean dan persentase); dan analisis inferensial (uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, persamaan regresi, uji koefisien regresi (hipotesis uji dan kriteria uji), dan koefisien determinasi).
Berdasarkan pada analisis data yang dilakukan, maka diperoleh: 1) penggunaan media pembelajaran audio visual menunjukan kualitas yang sangat baik dengan rata-rata 1 dengan persentase sebesar 100%; 2) Penggunaan media pembelajaran audio visual terbukti meningkatkan prestasi belajar peserta didik secara signifikan. Kelas eksperimen yang menggunakan media ini mengalami peningkatan dari rata-rata pretest 62,13% (cukup) menjadi 87,20% (sangat baik). Sementara itu, kelas kontrol yang tidak menggunakan media tersebut juga mengalami peningkatan, tetapi lebih rendah, dari 59,73% (cukup) menjadi 80,00% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berkontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap prestasi dengan nilai signifikansinya (0,000) < 0,05 dengan hubungan sebesar 0,477 dan pengaruh sebesar 22,8%. |
en_US |