YOU ONLY LIVE ONCE: STUDI PERILAKU EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH IAIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Helvira, Reni
dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Novita, Novita
dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.author Fionika, Fira
dc.date.accessioned 2025-04-16T00:50:42Z
dc.date.available 2025-04-16T00:50:42Z
dc.date.issued 2025-03-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6159
dc.description.abstract FIRA FIONIKA 12103088, You Only Live Once: Studi Perilaku Ekonomi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Iain Pontianak. Skripsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2021, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui respon mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah tentang prinsip You Only Live Once (YOLO), perilaku mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Pontianak dalam memenuhi kebutuhan food, fun, dan fashion dan dampak prinsip YOLO terhadap kehidupan ekonomi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2020-2025. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa: 1). Dari 14 informan, hanya 2 orang (14%) yang mengetahui istilah You Only Live Once (YOLO), sementara 86% lainnya tidak mengenal istilah You Only Live Once (YOLO) secara langsung. Namun, ketika istilah tersebut dijelaskan dengan bahasa “hidup hanya sekali,” mayoritas mahasiswa lebih memahami dan mengakui bahwa prinsip ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk itu mereka berusaha menikmati hidup dengan sikap konsumtif dapat dilihat dengan cara berbelanja atau aktivitas ekonomi yang tidak terencana. 2). Perilaku konsumsi mahasiswa dalam aspek food, fun, dan fashion sangat dipengaruhi oleh tren, media sosial, serta lingkungan pertemanan, tanpa memperhatikan nilai-nilai ekonomi syariah yang menganjurkan menghindari dari perilaku boros. 3). Mahasiswa menunjukkan perubahan pola hidup dari sebelumnya hemat menjadi lebih boros, dengan dominasi keinginan (wants) dibandingkan kebutuhan (needs) dalam perilaku konsumsi mereka. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject You Only Live Once (YOLO) en_US
dc.subject Gaya Hidup en_US
dc.subject Food en_US
dc.subject Fun en_US
dc.subject Fashion en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif en_US
dc.subject Perilaku Ekonomi en_US
dc.title YOU ONLY LIVE ONCE: STUDI PERILAKU EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH IAIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account