dc.description.abstract |
Abdul Bari, 2224100705, Implementasi Pembelajaran Kitab Akhlaq
Li Al-Banin Di Pondok Pesantren Al-Hasani Pontianak : Program
Studi Megister Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam
Negeri Pontianak Tahun 1446 H/2024.
Akhir-akhir ini banyak kita temui peristiwa-peristiwa yang
tidak baik mengenai tingkah laku anak bangsa, banyak kenakalan
remaja yang menjadi kebiasaan ditengah-tengah masyarakat, seperti
contohnya tauran yang terjadi antara remaja sekolah bahkan adanya
terjadi prostitusi yang dilakukan oleh kaulah muda. Tentunya hal
tersebut berpengaruh karena kurangnya perhatian dari lembaga
pendidikan dan pantauan dari para orang tua, karena apabila
perhatian pendidikan sepenuhnya di tujukan terhadap siswa maka
akan mencegah terjadinya kenakalan remaja yang mereka alami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap
pembelajaran kitab Akhlaq Li Al-Banin di Pondok Pesantren Al
Hasani Pontianak dan bagaimana implementasi nilai-nilai karakter
berbasis kitab tersebut. Pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi digunakan untuk menggali pengalaman subjektif para
pengajar dan santri terkait proses pembelajaran dan penerapan nilai
nilai akhlak. Metode ini dipilih karena memberikan pemahaman
mendalam tentang pengalaman sehari-hari individu yang terlibat
dalam konteks penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab
Akhlaq Li Al-Banin dilakukan melalui tahapan yang terstruktur.
Tahap perencanaan dilakukan secara sistematis melalui musyawarah
antara pengasuh pesantren dan para pengajar untuk merancang
tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur, berfokus pada
pembentukan karakter Islami. Pada tahap pelaksanaan, pembelajaran
dilakukan secara kreatif dan variatif, dengan pendekatan seperti
ceramah, halaqah, dan sorogan. Pendekatan ini menciptakan suasana
belajar yang inklusif dan mendorong pemahaman mendalam serta
penguatan karakter santri. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan
secara menyeluruh, tidak hanya menilai aspek kognitif, tetapi juga
mengamati penerapan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari
santri.
Implementasi nilai-nilai karakter berbasis kitab Akhlaq Li Al
Banin melibatkan tiga dimensi utama. Dimensi individu mencakup
ix
penerapan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan rendah hati yang
diterapkan dalam keseharian santri melalui teladan pengajar dan
kegiatan rutin pesantren. Dimensi sosial menekankan nilai toleransi
dan solidaritas, yang diwujudkan melalui program ta’aruf dan kerja
sama antar-santri dalam berbagai kegiatan. Dimensi metafisik
mengintegrasikan pendidikan spiritual yang mendalam melalui
ibadah berjamaah, dzikir, dan tafakur untuk memperkuat kedekatan
santri dengan Allah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren Al
Hasani Pontianak berhasil mengintegrasikan pembelajaran kitab
Akhlaq Li Al-Banin sebagai sarana pembentukan karakter santri,
baik dalam aspek individu, sosial, maupun spiritual. |
en_US |