HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN DISIPLIN PADA SISWA SMA NEGERI 1 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Syifa, Abdullah
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.advisor Oktaviana, Sherli Kurnia
dc.contributor.author Putra, Kevin Ardina
dc.date.accessioned 2025-04-14T01:12:59Z
dc.date.available 2025-04-14T01:12:59Z
dc.date.issued 2025-03-17
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6142
dc.description.abstract KEVIN ARDINA PUTRA, 11836004. Hubungan Antara Regulasi Diri dan Disiplin Pada Siswa SMA Negeri 1 Pontianak: Program Studi Psikologi Islam (PI). Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar tingkat regulasi diri dan disiplin siswa SMA Negeri 1 Pontianak, serta untuk mengetahui apakah ada hubungan antara regulasi diri dengan disiplin pada siswa SMA Negeri 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 270 jumlah siswa yang terdiri dari 138 siswa kelas 11 dan 132 siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Pontianak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa google form dengan skala likert serta menggunakan alat ukur skala regulasi diri dari Rina Erlina (Erlina, 2019) dan skala disiplin dari Winda Astuti (Astuti, 2021). Hasil penelitian menunjukan rata-rata tingkat regulasi diri siswa SMA Negeri 1 Pontianak berada pada tingkat sedang dengam jumlah 186 dari 270 siswa SMA Negeri 1 Pontianak (69%). Tingkat disiplin siswa SMA Negeri 1 Pontianak berada pada tingkat sedang dengan jumlah 173 dari 270 siswa SMA Negeri 1 Pontianak (64%). Nilai r squere adalah 0.119 yang berarti variabel regulasi diri memiliki hubungan dengan disiplin dengan agresi ralasional sebesar 11,9% dan sisanya 88,1% merupakan variabel yang tidak terobservasi. Nilai rxy = 0,713 dan nilai signifikansi nya (p) = 0,345 (p<0,345) kedua variabel memiliki hubungan yang positif karena semakin tinggi regulasi diri maka semakin tinggi juga disiplin siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Regulasi Diri en_US
dc.subject Disiplin en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN DISIPLIN PADA SISWA SMA NEGERI 1 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account