Implementasi Nilai Khuluqiyah dalam Budaya Mutu Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.author Syarifah, Lydia Mar’atus
dc.date.accessioned 2025-04-09T15:13:13Z
dc.date.available 2025-04-09T15:13:13Z
dc.date.issued 2023-11-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6139
dc.description.abstract Lydia Mar’atus Syarifah (11901223) Implementasi Nilai Khuluqiyah dalam Budaya Mutu Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Nilai khuluqiyah di MTs.N 2 Pontianak. 2) Budaya mutu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak. 3) Implementasi Nilai Khuluqiyah dalam budaya mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, empat guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi sumber, perpanjangan waktu penelitian, member check. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Nilai khuluqiyah tersebut telah diterapkan oleh seluruh warga madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak dengan baik dan tertib. 2) Budaya mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak memiliki citra yang baik dan positif terutama dalam sistem nilai organisasinya yang meliputi instrument input, proses pendidikan, hasil langsung pendidikan dan hasil akhir pendidikan. Melalui proses tersebut maka madrasah telah mengahasilkan budaya mutu madrasah yang positif untuk siswa diantaranya budaya disiplin, budaya solidaritas, budaya kesopanan, dan budaya kerjasama. Sehingga hasil akhir yang diperoleh ialah siswa-siswa yang memiliki banyak prestasi. 3) implementasi nilai khuluqiyah dalam budaya mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak sudah berjalan dengan baik. kemudian siswa dapat memperoleh pengetahuan ilmu agama yang lebih dalam untuk memupuk keimanan dan ketaqwaan melalui kegiatan yang bersifat pembiasaan pada budaya mutu madrasah yang didalamnnya terdapat implementasi nilai khuluqiyah, seperti budaya disiplin, budaya kerjasama, budaya solidaritas, budaya kesopanan sehingga budaya mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak maju ke arah yang lebih positif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai en_US
dc.subject khuluqiyah en_US
dc.subject Budaya en_US
dc.subject Mutu en_US
dc.title Implementasi Nilai Khuluqiyah dalam Budaya Mutu Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account