dc.description.abstract |
Ummu Aiman. Kebijakan Sekolah Dalam Menyediakan Sarana Prasaran Penunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Mas Raudhatul ulum Meranti Kabupaten Kubu Raya. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap proses dan penerapan kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Meranti Kubu Raya. Kurikulum Merdeka merupakan satuan kurikulum yang baru-baru ini diresmikan oleh pemerintah sebagai satuan kurikulum baru dan sebagai bentuk penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 sehingga menarik bagi peneliti dan ingin mengkaji bagimana upaya dalam membuat kebijakan terkait penerapan kurikulum merdeka tersebut. Adapun tujuan dari
penelitian ini dapat dirincikan sebagai berikut, 1) bagaimanakah kebijakan Sekolah dalam menyediakan prasarana pelaksanaan proses pembelajara kurikulum Merdeka di MAS Raudhatul Ulum Kabupaten Kubu Raya, 2) bagaimana Kebijakan yang dilakukan sekolah dalam menyediakan sarana proses pembelajaran kurikulum di MAS Raudhatul Ulum Kabupaten Kubu Raya, 3) Bagaimana kebijakan sekolah dalam menyusun penganggaran atau pendanaan pelaksanaan proses pembelajaran siswa/siswi dalam pembelajaran kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah
Raudhatul Ulum Kabupaten Kubu Raya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan Lokasi penelitian ini ialah di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Meranti Kubu Raya, Dusun Meranti, Desa Puguk,
Kecamatan Sungai Amabwang, Kabupaten Kubu Raya. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Meranti itu sendiri dan data dalam penelitian ini ialah hasil wawancara terhadap kepala madrasah tersebut. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teknik observasi dan Teknik wawancara secara langsung dan dilengkapi serta disempurnakan dengan teknik dokumentasi sebagai bukti penelitian. Sedangkan metode analisis data yang digunakan ialah dengan cara pengelompokan data, reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi dan penarikan kesimpulan data. Teknik pengujian keabsahan data yang digunakan ialah teknik triangulasi, dan member check atau pemeriksaan teman sejawat.
Hasil dari penelitiaan ini dapat peneliti simpulkan sebagai berikut, 1) kebijakan Sekolah dalam menyediakan prasarana pelaksanaan proses pembelajara kurikulum Merdeka di MAS Raudhatul Ulum Kabupaten Kubu Raya : kebijakan tersebut berjalan dengan baik seiring dengan penerapannya, 2) kebijakan yang dilakukan sekolah dalam menyediakan sarana proses pembelajaran kurikulum di MAS Raudhatul Ulum Kabupaten Kubu Raya : sarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dapat tercapai, 3) kebijakan sekolah dalam menyediakan sarana prasarana pelaksanaan proses pembelajaran siswa/siswi dalam pembelajaran kurikulum merdeka di MAS Raudhatul Ulum Kabupaten Kubu Raya
: sarana pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran siswa dapat terpenuhi. |
en_US |