STRATEGI KOMUNIKASI BAZNAS KABUPATEN SAMBAS DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK BERZAKAT DI BAZNAS PADA BULAN JANUARI-JUNI TAHUN 2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hefni, Harjani
dc.contributor.advisor Taqwa, Ria Hayatunnur
dc.contributor.advisor Ibrahim, Ibrahim
dc.contributor.advisor Gafallo, M. Fadhil Yarda
dc.contributor.author Ramadhan, Riski
dc.date.accessioned 2025-03-12T01:03:23Z
dc.date.available 2025-03-12T01:03:23Z
dc.date.issued 2025-01-21
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6095
dc.description.abstract RISKI RAMADHAN NIM 11831030. “Strategi Komunikasi Baznas Kabupaten Sambas dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Untuk Berzakat Di Baznas Pada Bulan Januari-Juni Tahun 2023”. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Zakat adalah solusi bagi kesejahteraan masyarakat terutama untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan menghilangkan kesenjangan sosial, maka perlu adanya pengelolaan zakat secara professional dan bertanggung jawab. BAZNAS Kabupaten Sambas sebagai lembaga pemerintahan nonstructural bertanggung jawab dalam melayani pembayaran dan penyaluran zakat di Indonesia Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: bagaimanakah Strategi Komunikasi BAZNAS Kabupaten Sambas untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat dalam membayar zakat di BAZNAS Kabupaten Sambas pada Bulan Januari-Juni tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata, gambar dan buku-buku. Paradigma penelitian yang digunakan ialah paradigma yang berlandaskan pada ide bahwa realitas bukanlah bentukan yang objektif, tetapi dikonstruksi melalui proses interaksi dalam kelompok masyarakat. Hasil dalam penelitian ini yaitu BAZNAS Kabupaten Sambas mengenal khalayak ramai atau masyarakat dalam memahami zakat dan BAZNAS Kabupaten Sambas. BAZNAS Kabupaten Sambas dalam meningkatkan kepercayaan Masyarakat dalam menyalurkan zakat kepada BAZNAS Kabupaten Sambas, dengan membuat pengelolaan yang transparan dan membuat program seperti BAZNAS sehat, BAZNAS peduli, dan BAZNAS pintar. BAZNAS Kabupaten Sambas menggunakan strategi komunikasi langsung (ceramah, tanya jawab), dan media sosial dan media sosial dan cetak untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Pesan yang disampaikan oleh BAZNAS Kabupaten Sambas yaitu mengenai zakat dan BAZNAS Kabupaten Sambas seperti program, tugas dan wewenang, dan transparansi dalam pengelolaan zakat yang telah disalurkan oleh masyarakat kepada BAZNAS Kabupaten Sambas. Sehingga kepercayaan Masyarakat dapat meningkat dalam menyalurkan zakat kepada BAZNAS Kabupaten Sambas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONYIANAK en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject BAZNAS Kabupaten Sambas en_US
dc.subject Zakat en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI BAZNAS KABUPATEN SAMBAS DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT UNTUK BERZAKAT DI BAZNAS PADA BULAN JANUARI-JUNI TAHUN 2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account