dc.description.abstract |
Alya Mutiara Khansa, Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Kelas XII Akuntansi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMKN 3 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa soal-soal UAS PAI di SMKN 3 Pontianak belum pernah dianalisis oleh guru-guru PAI di sekolah. Sehingga soal-soal yang diujikan kepada para peserta didik belum diketahui kualitasnya. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan analisis terhadap soal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Ulangan Akhir Semester mata pelajaran PAI kelas XII di SMKN 3 Pontianak tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan Efektivitas Pengecoh.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian dekriptif kuantitatif. Sumber data berupa lembar jawaban peserta didik kelas XII Akuntansi yang berjumlah 49 orang, kunci jawaban, serta soal ulangan berupa pilihan ganda berjumlah 40 soal. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates versi 4.0.9.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan bahwa hasil analisis 40 butir soal tersebut ditinjau dari Validitas menunjukan bahwa sebanyak 24 soal (60%) dalam kategori tidak signikan/tidak valid, sebanyak 5 soal (12,5%) dalam kategori signifikan/valid dan 11 soal (27,5%) dalam kategori sangat signifikan/valid. Ditinjau dari segi Reliabilitas, soal ulangan ini tergolong rendah dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,39. Ditinjau dari Tingkat Kesukaran soal, diperoleh 8 soal (20 %) dalam kategori sangat mudah, 16 soal (40%) dalam kategori sangat mudah, 16 soal (40%) dalam kategori sedang, dan tidak terdapat soal yang sukar maupun sangat sukar. Hasil analisis Daya Pembeda, diperoleh 3 soal (7,5%) negatif, 9 soal (22,5%) jelek, 18 soal (45%) cukup, 10 soal (25%) baik dan tidak terdapat soal yang sangat baik. Efektivitas Pengecoh yang diperoleh adalah 3 soal (7,5 %) sangat baik, 6 soal (15%) baik, 11 soal (27,5%) cukup baik, 16 soal (40%) kurang baik, dan 4 soal (10%) tidak baik.
Secara keseluruhan, soal-soal ulangan nomor 2, 8, 9, 30, 40 layak digunakan tanpa perbaikan, soal nomor 1, 5, 6, 7, 10, 12, 13, 15, 18, 19, 21, 23, 25, 26, 27, 28, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39 layak digunakan dengan perbaikan, dan soal nomor 3, 4, 11, 14, 16, 17, 20, 22, 24, 29, 31, 32 tidak layak digunakan. |
en_US |