dc.description.abstract |
MUHAMMAD EKI SURYANANDA,Upaya Sekolah Dalam Menangani Kenakalan Remaja di SMP Negeri 16 Pontiank : Perspektif Pendidikan Islam : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak.2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena kenakalan remaja pada lingkungan masyarakat.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap : 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMP Negeri 16 Pontianak; 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan remaja di SMP Negeri 16 Pontianak;3)Untuk Mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan oleh pihak sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja dalam perspektif pendidikan islam. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder,yaitu : 1)sumber data primer terdiri dari observasi yang dilakukan dan wawancara narasumber,2) sumber data sekunder terdiri dari dokumentasi penelitian, catatan lapangan dan arsip dari guru BK.
Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan : 1) Bentuk-Bentuk kenakalan remaja terdiri dari 2 bentuk yaitu kenakalan remaja secara fisik dan non fisik. Bentuk kenakalan remaja secara fisik yang ditemukan yaitu perkelahian,mencoret baju teman sebaya dan mencuri, bentuk kenakalan remaja secara non fisik yaitu pembullyan, terlambat ke sekolah 2) faktor- faktor kenakalan remaja terdiri dari lingkungan keluarga, pertemanan dan media sosial, 3)Langkah yang dilakukan sekolah dalam menangani kenakalan remaja dalm persepektif pendidikan islam diantaranya memberikan pendidikan moral melalui mata pelajaran PAI, menanamkan nilai moral, selain pada mata pelajaran PAI, sekolah juga memberikan pembinaan melalui masa MPLS bagi siswa baru dan jum’at ceria yang diikuti oleh seluruh peserta didik. |
en_US |