dc.description.abstract |
Ali Zainul Abidin, Pengaruh Penggunaan Strategi Role Playing Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqih Tentang Materi Peradilan Di MA Al-Mustaqim Kubu Raya Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya minat belajar pada peserta didik kelas XI di MA Al-Mustaqim. Dengan metode pembelajaran yang monoton menjadikan peserta didik kurang berminat selama proses pembelajaran di kelas XI MA Al-Mustaqim. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan peserta didik dalam belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian selama proses pengumpulan data menggunakan One Shot Study Case. Lokasi penelitian berada di MA Al-Mustaqim dan populasi penelitian berjumlah 15 Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Chi-Square.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Chi-Square -P Value (Ha) telah diterima yang artinya Strategi Role Playing memiliki pengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Secara umum peserta didik di kelas XI memiliki minat belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Peradilan MA Al-Mustaqim. Secara khusus hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) peserta didik merasa senang selama pembelajaran berlangsung. 2) Peserta didik sangat merasa tertarik mengikuti pembelajaran di kelas. 3) Peserta didik perhatian selama mengikuti pembelajaran di kelas. 4) Peserta didik terlibat selama proses pembelajaran tersebut. |
en_US |