RESILIENSI GURU PAI DI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI KASUS DI SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.author Prima, Beri
dc.date.accessioned 2025-02-18T01:20:26Z
dc.date.available 2025-02-18T01:20:26Z
dc.date.issued 2025-01-21
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5993
dc.description.abstract BERI PRIMA (12001259), Resiliensi Guru PAI Di Era Society 5.0 (Studi Kasus Di SMAS Mujahidin Pontianak). Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini di latar-belakangi oleh maraknya penggunaan teknologi seperti Artifical Intelegence di era society 5.0 termasuk oleh para peserta didik, mengharuskan guru untuk beradaptasi serta bertahan dengan pendidikan serta kebutuhan peserta didik di era society 5.0 dengan harapan tidak terjadi disfungsional profesionalitas guru. Skripsi ini bertujuan: Satu, untuk mengetahui praktik adaptasi guru PAI SMAS Mujahidin Pontianak di era Society 5.0; Dua, untuk mengetahui praktik pencapaian tujuan guru PAI SMAS Mujahidin Pontianak untuk resilien di era Society 5.0; Tiga, untuk mengetahui praktik integrasi sekolah dalam menunjang daya tahan guru PAI di era Society 5.0; Empat, untuk mengetahui praktik pemiliharaan pola daya tahan guru PAI di era Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus lapangan. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Menengah Atas Mujahidin Pontianak. Sumber data penelitian ini yaitu guru-guru Pendidikan Agama Islam di SMAS Mujahidin Pontianak. Sementara teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi tidak langsung, wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data menggunakan teknik trianggulasi, member check, dan perpanjangan waktu penelitian. Setelah dilakukan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: satu, dari sisi adaptasi, bahwa guru PAI di SMAS Mujahidin Pontianak telah melakukan penyesuaian diri dengan pendidikan era society 5.0 dengan latar belakang pendidikan serta keterampilan yang relevan dengan era society 5.0. Adaptasi guru juga telah didukung oleh fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Dua, dari sisi goal attainment (pencapaian tujuan), resiliensi guru PAI telah didukung oleh visi dan misi sekolah relevan kemudian direalisasikan melalui strategi pembelajaran yang sesuai dengan era society 5.0. Tiga, dari sisi integrasi, resiliensi guru PAI juga telah didukung oleh keselarasan sistem sosial dalam hal ini yakni hubungan timbal balik antara sekolah dengan guru, dengan diagendakan kegiatan In House Training sebagai bentuk dukungan sekolah terhadap resiliensi guru PAI. Selain itu pemerintah juga turut mendukung melalui pendanaan serta agenda pelatihan. Empat, dari sisi latency (pemeliharaan pola), resiliensi guru PAI telah didukung oleh habitus warga sekolah yang melek akan teknologi sehingga pembudayaan dari era society 5.0 en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Resiliensi en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Society 5.0 en_US
dc.title RESILIENSI GURU PAI DI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI KASUS DI SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account