dc.description.abstract |
Nur Aini, 2024. Upaya Ustadzah Dalam Mengatasi Problem Pembelajaran Al-
Qur’an Pada Santri TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam 2024/2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Santri yang berada di TPA Nurul
Hidayah mengalami berbagai macam problem dalam pembelajaran Al-Qur’an mulai
dari kesulitan mengingat huruf hijaiyah, kesulitan menyebut huruf hijaiyah, terbata-
bata dalam melafalkan kalimat, kesulitan menghafal suraah-surah pendek. Maka
yang menjadi tanda tanya dari penelitian ini adalah upaya Ustadzah dalam mengatasi
problem pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1)
Upaya Ustadzah dalam mengatasi Problem pembelajaran Al-Qur’an di TPA
Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam. 2) Cara Ustadzah dalam upaya
mengatasi Problem pembelajaran Al-Qur’an di TPA Nurul Hidayah Desa
Anjungan Dalam.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Ustadzah dan Santri di TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan
Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang
digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data serta
verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat beberapa upaya
yang dilakukan Ustadzah untuk mengatasi problem pembelajaran Al-Qur’an
pada santri yakni diantaranya adalah pembelajaran secara individual di TPA
dan privat serta pelaksanaan beberapa metode yang di implementasikan pada
santri sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhan mereka. 2) Pelaksanaan
upaya yang dilakukan oleh ustadzah dengan cara melakukan pengajaran di
TPA dan secara individual di TPA dan privat dirumah. Pengajaran individual
dilakukan dengan cara mengaji satu persatu setiap santri yang datang lebih
awal. Adapun pengajaran privat dirumah, dilakukan dengan cara mendatangi
rumah Santri pada jam diluar pembelajaran bagi santri yang berminat.
Terdapat beberapa upaya berbentuk metode yang dilakukan yaitu metode
Iqra’ yang menjadi metode utama awal, metode persamaan objek yang di
gunakan saat Santri mengalami kesulitan mengingat huruf Hijaiyah dengan
cara memberi gambaran terhadap suatu benda yang sama penyebutan nya
dengan huruf Hijaiyah yang di baca, kemudian metode muroja’ah digunakan
untuk mengatasi kesulitan menghafal Al-Qur’an, yang dimana pelaksanaan
nya melibatkan seluruh santri untuk mengulang hafalan secara bersama-sama.
Yang terakhir adalah evaluasi yang dilakukan pada Santri yang sudah
mencapai Iqra’ besar dan juz.
Kata Kunci: Upaya, Pembelajaran, Al-Qur’an. |
en_US |