Upaya Ustadzah dalam Mengatasi Problem Pembelajaran Al-Qur'an Pada Santri di TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah Tahun 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Hasanah, Sayyidah Nor
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author Nuraini, Nuraini
dc.date.accessioned 2025-02-14T01:57:19Z
dc.date.available 2025-02-14T01:57:19Z
dc.date.issued 2025-02-13
dc.identifier.citation APA Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5992
dc.description.abstract Nur Aini, 2024. Upaya Ustadzah Dalam Mengatasi Problem Pembelajaran Al- Qur’an Pada Santri TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam 2024/2025. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Santri yang berada di TPA Nurul Hidayah mengalami berbagai macam problem dalam pembelajaran Al-Qur’an mulai dari kesulitan mengingat huruf hijaiyah, kesulitan menyebut huruf hijaiyah, terbata- bata dalam melafalkan kalimat, kesulitan menghafal suraah-surah pendek. Maka yang menjadi tanda tanya dari penelitian ini adalah upaya Ustadzah dalam mengatasi problem pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Upaya Ustadzah dalam mengatasi Problem pembelajaran Al-Qur’an di TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam. 2) Cara Ustadzah dalam upaya mengatasi Problem pembelajaran Al-Qur’an di TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ustadzah dan Santri di TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat beberapa upaya yang dilakukan Ustadzah untuk mengatasi problem pembelajaran Al-Qur’an pada santri yakni diantaranya adalah pembelajaran secara individual di TPA dan privat serta pelaksanaan beberapa metode yang di implementasikan pada santri sesuai dengan tingkat usia dan kebutuhan mereka. 2) Pelaksanaan upaya yang dilakukan oleh ustadzah dengan cara melakukan pengajaran di TPA dan secara individual di TPA dan privat dirumah. Pengajaran individual dilakukan dengan cara mengaji satu persatu setiap santri yang datang lebih awal. Adapun pengajaran privat dirumah, dilakukan dengan cara mendatangi rumah Santri pada jam diluar pembelajaran bagi santri yang berminat. Terdapat beberapa upaya berbentuk metode yang dilakukan yaitu metode Iqra’ yang menjadi metode utama awal, metode persamaan objek yang di gunakan saat Santri mengalami kesulitan mengingat huruf Hijaiyah dengan cara memberi gambaran terhadap suatu benda yang sama penyebutan nya dengan huruf Hijaiyah yang di baca, kemudian metode muroja’ah digunakan untuk mengatasi kesulitan menghafal Al-Qur’an, yang dimana pelaksanaan nya melibatkan seluruh santri untuk mengulang hafalan secara bersama-sama. Yang terakhir adalah evaluasi yang dilakukan pada Santri yang sudah mencapai Iqra’ besar dan juz. Kata Kunci: Upaya, Pembelajaran, Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Upaya en_US
dc.subject Ustadzah en_US
dc.subject Al-Qur'an en_US
dc.title Upaya Ustadzah dalam Mengatasi Problem Pembelajaran Al-Qur'an Pada Santri di TPA Nurul Hidayah Desa Anjungan Dalam Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah Tahun 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account