dc.description.abstract |
Indah Permata Sari, Model Manajemen Kelas Yang Berpusat Pada Siswa Oleh Guru Akidah Akhlak Di MAN 2 Pontianak, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas pembelajaran di MAN 2 Pontianak yang mana guru akidah akhlak telah menerapkan model manajemen kelas yang berpusat pada siswa, hal ini dapat terlihat dari suasana kelas yang efektif dan interaktif, namun masih belum banyak penelitian yang membahas tentang model manajemen kelas yang berpusat pada siswa di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Model manajemen kelas yang berpusat pada siswa oleh guru akidah akhlak di MAN 2 Pontianak, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat bagi guru akidah akhlak dalam penerapan manajemen kelas yang berpusat pada siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif denga pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru akidah akhlak kelas 10, dan siswa kelas 10 MAN 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, member check, dan perpanjangan waktu pengamatan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Model manajemen kelas yang berpusat pada siswa yang digunakan oleh guru akidah akhlak di MAN 2 Pontianak cenderung bervariasi, model manajemen kelas yang berpusat pada siswa yang digunakan oleh guru akidah akhlak di MAN 2 Pontianak diantaranya adalah small group discussion, role-play and simulation, cooperative learning, self directed learning, contextual learning, dan promlem based learning. (2) Faktor pendukung dalam penerapan model manajemen kelas yang berpusat pada siswa oleh guru akidah akhlak di MAN 2 Pontianak diantaranya adalah dinamika kelas yang meliputi pengaturan kelas dan interaksi sosial, peran guru yang meliputi guru sebagai fasilitator dan merancang kegiatan pembelajaran, serta keaktifan siswa yang meliputi tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran akidah akhlak. Sedangkan faktor penghambat adalah fasilitas yang terbatas, lingkungan keluarga dan orang tua siswa yang kurang mendukung proses belajar siswa, serta karakter dan kebiasaan siswa yang kurang baik. |
en_US |