ANALISIS PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILENIAL DALAM BELANJA FASHION DI DESA KUALA DUA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Azimi, Aulia
dc.contributor.advisor Umam, Khoirul
dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.advisor Ilhamdi, Ilhamdi
dc.contributor.author Rahmadanti, Nuzul
dc.date.accessioned 2025-02-10T07:45:47Z
dc.date.available 2025-02-10T07:45:47Z
dc.date.issued 2024-12-24
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5958
dc.description.abstract NUZUL RAHMADANTI, 12003129, Analisis Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Dalam Berbelanja Fashion di Desa Kual Dua. Skripsi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Konsumsi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh setiap orang untuk memenuhi kebutuhan dengan menghabiskan daya guna baik barang maupun jasa. Setiap orang memiliki kebutuhan yang relatif karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, karena faktor perbedaan ekonomi, lingkungan maupun kelas sosial. Fashion bukan tentang pakaian saja, melainkan suatu gaya atau mode. Perilaku konsumsi Islam tidak dianjurkan dengan berlebihan, termasuk berbelanja fashion. Islam mengajarkan umatnya untuk mengkonsumsi dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pandangan dari generasi milenial di Dusun Keramat 1 Desa Kuala Dua dalam menyikapi perkembangan fashion (2) perilaku konsumsi generasi milenial di Dusun Keramat 1 Desa Kuala Dua dalam berbelanja fashion. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan, jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data menggunakan tirangulasi sumber. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) pandangan generasi milenial di Dusun Keramat 1 Desa Kuala Dua terhadap perkembangan fashion adalah mereka memiliki minat fashion yang dipengaruhi oleh teknologi, penunjukkan identitas dan ekspresi diri. Selain itu, generasi milenial membentuk trend fashion baru yang disebabkan perbedaan ekonomi dan sosial. (2) Perilaku konsumsi generasi milenial di Dusun Keramat 1 Desa Kuala Dua tidak semuanya menerapkan etika konsumsi dalam Islam namun, sudah menerapkan perilaku konsumsi berdasarkan etika konsumsi Islam dengan baik. Dua belas dari empat belas informan generasi milenial di Dusun Keramat 1 Desa Kuala Dua menerapkan etika konsumsi Islam dengan baik dalam perilaku konsumsinya, pada dua informan belum menerapkan keutamaan maslahah dalam mengkonsumsi produk fashion, mengutamakan kepuasan dibanding mengutamakan kemaslahatan karena Islam tidak mengenal konsep kepuasan nafsu, melainkan konsep maslahah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Perilaku Konsumsi en_US
dc.subject Generasi Milenial en_US
dc.subject fashion en_US
dc.title ANALISIS PERILAKU KONSUMSI GENERASI MILENIAL DALAM BELANJA FASHION DI DESA KUALA DUA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account