dc.description.abstract |
FITRIYANI, Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Shalat Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Budi Utomo Siantan Hulu: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan shalat siswa siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Budi Utomo Siantan Hulu. Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui adanya pengaruh metode terhadap keterampilan shalat siswa sebelum diberikan perlakuan metode demonstrasi berupa pretest dan setelah diberikan perlakuan metode demonstrasi berupa posttest.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pre Test & Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII terdiri dari 17 orang sekaligus menjadi sampel penelitian menggunakan teknik sampling yaitu sampling jenuh. Instrumen untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes keterampilan salat siswa (pretest – posttest). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen meliputi, uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan uji prasyarat meliputi, uji analisis statistk deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sampel t – test.
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan : 1). Pelakasanaan metode demonstrasi telah sesuai dengan baik dan efektif menggunakan langkah-langkah pada lembar lembar observasi; 2). Keterampilan shalat siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Budi Utomo Siantan Hulu ditunjukkan lebih meningkat dari nilai rata-rata pretest sebesar 68,41 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77,53 dan persentase ketuntasan yaitu 64%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari hasil keterampilan yang diajar menggunakan metode demonstrasi di dalam kelas; 3). Terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan shalat kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Budi Utomo siantan. hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan t hitung 5,116 > t tabel 2,131. Dengan demikian metode demonstrasi berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan shalat siswa, melalui metode demonstrasi siswa dapat meniru demonstrasi yang diperagakan oleh guru lebih akurat sehingga meningkatkan keterampilan shalat siswa. Hal ini berarti penggunaan metode demonstrasi sudah dapat digunakan secara efektif dalam proses pembelajaran. |
en_US |