STRATEGI ENDORSEMENT PADA BIDANG FASHION DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Rumah Dannis Pontianak)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.advisor Nurcholifah, Ita
dc.contributor.advisor Atiqah, Nur
dc.contributor.author Fathurrozi, Muhammad Kamal
dc.date.accessioned 2025-02-06T04:12:58Z
dc.date.available 2025-02-06T04:12:58Z
dc.date.issued 2025-01-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5934
dc.description.abstract Muhammad Kamal Fathurrozi (12015014), Strategi Endorsement Pada Bidang Fashion Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Rumah Dannis Pontianak). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi endorsement sebagai strategi pemasaran pada rumah Dannis Pontianak sudah sesuai dengan etika bisnis islam. Penelitian ini perlu dilakukan karena endorsement sudah menjadi cara promosi baru dimedia sosial dengan target pasar masyarakat remaja, namun apabila dilihat dalam artikel online masih banyak ditemui kasus bermasalah yang membahas terjadi akibat endorsement karena ketidak-tauan influencer terhadap detail produk yang dipromosikan dan untuk meminimalisir kejadian tersebut, perlunya menerapkan etika bisnis islam bagi digital influencer agar tidak ada pihak yang dirugikan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjenis field research (penelitian lapangan). Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan dengan menganalisis hasil wawancara langsung kepada pihak yang bersangkutan, peneliti memperoleh: 1). Penerapan strategi endorsement pada bidang fashion di rumah Dannis Pontianak, merupakan salah satu aktifitas pemasaran bisnis secara digital yang banyak digunakan. Endorsement media sosial saat ini adalah bentuk kerja sama yang menguntungkan. Strategi endorsement pada bidang fashion di rumah Dannis Pontianak sangatlah memberikan pengaruh bagi usaha itu sendiri. Rumah Dannis Pontianak berani melakukan ekspansi bisnis mereka dengan cara promosi kreatif melalui media sosial yang dikenal sekarang dengan istilah endorsement. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa strategi promosi endorsement dimedia sosial dapat meningkatkan daya saing dibidang fashion. 2). Penerapan etika bisnis islam dalam endorsement pada bidang fashion di rumah Dannis Pontianak merupakan bisnis yang didampingi oleh adanya etika. Mereka menyadari bahwa segala aktivitas, termasuk bisnis, harus dilakukan untuk mencari ridho Allah SWT. Dengan demikian, para endorser ini tidak hanya melihat endorsement sebagai pekerjaan semata, namun sebagai bagian dari ibadah yang harus dilakukan dengan penuh keikhlasan. Berdasarkan pernyataan para endorser, dapat disimpulkan bahwa Rumah Dannis Pontianak telah berhasil menerapkan prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, serta kebenaran, kebaikan, dan kejujuran dalam kegiatan endorsement. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Endorsement en_US
dc.subject Fashion en_US
dc.subject Etika Bisnis Islam en_US
dc.subject Rumah Dannis Pontianak en_US
dc.title STRATEGI ENDORSEMENT PADA BIDANG FASHION DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pada Rumah Dannis Pontianak) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account