dc.description.abstract |
Siti Lutfia Wahidiyah. Efektivitas Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami;ah IAIN Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dam Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan alumi IAIN Pontianak yang belum bisa membaca Al-Qur’an baik dari segi tajiwd, dan makharijul huruf, maka dari itu Rektor mempunyai ikhtiar agar para alumni IAIN tidak seperti itu. Adapun berdasarkan intruksi daru pimpinan yang tertuang dalam SK Rektor IAIN Pontianak yang mana menegaskan untuk program Ma’had, maka didalam kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an yang dinamai dengan program BTQ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada Efektivitas Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Hasil Sebelum dan Sesudah Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak, 2) Efektivitas Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (mixed method) dan metode penelitian yaitu campuran sekuensial/ bertahap (sequential mixed method) yang lokasi penelitiannya yaitu di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan alat berupa (handphone).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil sebelum pembelajaran membaca Al-Qur’an mahasantri dari 66 mahasantri adalah 37, 62 dan 66 mahasantri yang tidak tuntas. Sedangkan hasil setelah pembelajaran membaca Al-Qur’an mahasantri dari 66 mahasantri adalah 81,02 dan 61 mahasantri yang tuntas. 2) Efektivitas Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak Tahun 2023/2024. Pembelajarana dilaksanakan pada waktu pagi jam 7.30 – 16.30 mahasiswa melakukan intensif mentoring. yang mana mahasiswa menemui ustadz atau ustadzah untuk belajar al-Qur’an. Ustadz/ustadzah juga menjelaskan dan menyampaian materi tentang hukum-hukum tajwid dan menggunakan metode ceramah juga sorogan. Pembelajaran Membaca Al-Qur’an juga menggunakan media seperti Al-Qur’an, buku tajwid, dan lainnya. Pemberian tugas kepada santri/santriwati juga dilaksanakan dengan baik, santri menyetorkan hafalan, membacakan bacaannya dengan baik. Adapun interaksi santri kepada ustadz/ustadzah sudah tepat dan memiliki adab akhlak yang baik, begitu juga denga keaktifan santri ini berbeda-beda ada yang aktif dan kurang aktif. Sarana dan prasarana yang ada di Ma’had Al-Jami’ah dapat menajdi fasilitas santri dalam belajar walaupun terkadang ada sedikit masalah ketika hujan santri menjadi sulit belajar. Jadi dilihat dari hasil dan indikator pembelajaran maka pembelajaran membaca Al-Qur’an bernilai “Sangat Efektiv” |
en_US |