dc.description.abstract |
Rendy Ramadhani. Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya Tahun Pelajaran
2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan
Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatabelakangi pentingnya pemanfaatan multimedia dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital saat ini. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui: 1) Jenis-jenis multimedia yang digunakan pada
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya; 2)
Langkah-langkah dalam pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya; 3) Manfaat dari pemanfaatan
multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Al-Fityan
Kubu Raya.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Sumber data menggunakan sumber data primer berupa hasil
observasi dan wawancara dengan pihak guru PAI di di SMPIT Al-Fityan Kubu
Raya, yang telah ditentukan subjeknya, yaitu multimedia yang digunakan serta
peserta didik di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Sedangkan sumber data sekunder
berupa studi literatur yang menjadi sumber pendukung melengkapi teori yang
digunakan. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu observasi, wawancara dan dokumentaasi serta menggunakan teknik analisis
data Miles and Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, display
data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) jenis jenis multimedia yang digunakan yaitu termasuk multimedia
interaktif seperti media cetak baik buku maupun majalah pendukung, media visual
powerpoint, canva, serta video player dan quizizz. 2) Langkah- Langkah yang
digunakan dalam pemanfaatan multimedia ini meliputi tahap perencanaan, tahapan
persiapan serta tahapan pelaksanaan pemanfaatan multimedia yang digunakan. 3)
Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran memiliki banyak keuntungan dan
kelebihan yaitu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, meningkatkan
interaksi dan partisipasi siswa, memudahkan penyampaian materi yang kompleks
dan abstrak, meningkatkan efisiensi waktu dan proses belajar, menyediakan akses
informasi yang luas dan akurat, meningkatkan kemampuan analitis dan kritis siswa
serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif. |
en_US |