PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT AL-FITYAN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Suhardiman, Suhardiman
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Havizul, Havizul
dc.contributor.author Ramadhani, Rendy
dc.date.accessioned 2025-02-06T01:20:39Z
dc.date.available 2025-02-06T01:20:39Z
dc.date.issued 2025-01-15
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5931
dc.description.abstract Rendy Ramadhani. Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya Tahun Pelajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatabelakangi pentingnya pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Jenis-jenis multimedia yang digunakan pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya; 2) Langkah-langkah dalam pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya; 3) Manfaat dari pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data menggunakan sumber data primer berupa hasil observasi dan wawancara dengan pihak guru PAI di di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya, yang telah ditentukan subjeknya, yaitu multimedia yang digunakan serta peserta didik di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Sedangkan sumber data sekunder berupa studi literatur yang menjadi sumber pendukung melengkapi teori yang digunakan. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentaasi serta menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) jenis jenis multimedia yang digunakan yaitu termasuk multimedia interaktif seperti media cetak baik buku maupun majalah pendukung, media visual powerpoint, canva, serta video player dan quizizz. 2) Langkah- Langkah yang digunakan dalam pemanfaatan multimedia ini meliputi tahap perencanaan, tahapan persiapan serta tahapan pelaksanaan pemanfaatan multimedia yang digunakan. 3) Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran memiliki banyak keuntungan dan kelebihan yaitu meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa, memudahkan penyampaian materi yang kompleks dan abstrak, meningkatkan efisiensi waktu dan proses belajar, menyediakan akses informasi yang luas dan akurat, meningkatkan kemampuan analitis dan kritis siswa serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Multimedia en_US
dc.title PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT AL-FITYAN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account