dc.description.abstract |
Hamdan. 12001353, 2024 Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Ishlah Pontianak, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak.
Tujuan peneliti ingin mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih secara Instrisik&Ekstrinsik melaksanakan kegiatan proses belajar di MTs Al-Ishlah Pontianak. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Ishlah Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif, sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer yaitu data yang diambil dari guru fiqih, kepala sekolah dan beberapa peserta didik dan sumber data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat dua jenis motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih MTs Al-Ishlah Pontianak, yaitu motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Motivasi isntrinsik harapan orang tua mnyekolahkan anaknya di MTs Al-Ishlah agar anak mereka menjadi anak yang mempunyai adab, ahlak yang baik, serta lebih mendalami ilmu agama untuk bekal kelak ketika dewasa.
Motivasi ekstrinsik orang tua menyekolahkan anaknya, adalah sekolah yang diminta orang tua merupakan sekolah yang berkualitas dalam pendidikan agama. |
en_US |