PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PD AMAN JAYA KECAMATAN SUNGAI RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Baharuddin, Baharuddin
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Alkadrie, Syarif Agussaid
dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.author Cahya, Dhory
dc.date.accessioned 2025-02-04T07:26:26Z
dc.date.available 2025-02-04T07:26:26Z
dc.date.issued 2025-01-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5914
dc.description.abstract DHORY CAHYA (12015033), Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk di PD Aman Jaya Kecamatan Sungai Raya : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk di PD Aman Jaya Kecamatan Sungai Raya. Penelitian bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode survei, penelitian dilakukan pada karyawan PD Aman Jaya yang beralamat di Jalan Arteri Supadio Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jumlah sampel yang digunakan berdasarkan hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 96 orang yang kemudian dibulatkan menjadi sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yakni variabel bauran pemasaran (X) dan variabel keputusan pembelian (Y) dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan pada analisis yang telah dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik reponden menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang membeli bahan bangunan di PD Aman Jaya Kecamatan Sungai Raya adalah laki- laki, dengan kisaran usia antara 40-49 tahun, bekerja sebagai swasta, berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan pendapatan antara Rp. 2.000.000- 2.999.000 per bulan, serta berstatus sudah menikah. Hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan persamaan Y = 2,334 + 0,885X. Koefisien regresi konstanta (a) senilai 2,334, artinya jika bauran pemasaran (X) bernilai 0 (nol), maka keputusan pembelian (Y) sebesar 2,334, sedangkan untuk koefisien regresi bauran pemasaran bernilai sebesar 0,885, artinya jika nilai bauran pemasaran meningkat satu satuan, maka nilai keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,885, artinya koefisien bernilai positif sehingga ada pengaruh yang positif antara bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien korelasi (R) adalah sebesar 0,910 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di PD Aman Jaya Kecamatan Sungai Raya. Hasil uji koefesien determinasi (R2) adalah sebesar 0,827 atau 82,7%, artinya bahwa bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian bahan bangunan di PD Aman Jaya Kecamatan Sungai Raya adalah sebesar 82,7% dan sisanya 17,3% yang mana keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian. Hasil Uji kelayakan model (uji F) diperoleh nilai F hitung 469,416 > F tabel 3,94 serta memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model regresi dapat digunakan untuk memprediksi keputusan pembelian bahan bangunan di PD Aman Jaya Kecamatan Sungai Raya yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bauran Pemasaran en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PD AMAN JAYA KECAMATAN SUNGAI RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account